oleh

Dianggap Tak Profesional DPUPR Cilacap Putuskan Kontrak Kerja PT. Edo Tunas Totalindo, dan Dilanjutkan Oleh PT. Swara Bumi Perkasa

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – PT. Edo Tunas Titalondo yang mengerjakan proyek peningkatan jalan (Rigid) di ruas jalan Bantarsari – Cikeranag Kabupaten Cilacap Jawa Tengah senilai Rp. 4.554.275.000 tersebut diputuskan kontraknya.

Pemutusan kontrak kerja tersebut bukan tanpa alasan, akibat dari tidak profesionalnya perusahaan tersebut dalam melaksanakan pekerjaan proyek APBD Cilacap TA. 2019.

Menurut Ir. Alexander Ristiyanto. MT Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang saat dihubungi NX Selasa (03/12/2019) mejelaskan, ” pemutusan kontrak kerja tersebut sudah sesuai prosedur, dan berbagai usaha sudah dilakukan antara kedua belah pihak, tetapi memang fatal kalau kontrak kerja diteruskan ” jelas Ristiyanto.

Pekerjaan yang dilakikan PT. Edo Tunas Totalindo tersebut dianggap lelet dan kurang serius dalam melaksanakan pekerjaan yang sudah dimenangkanya dalam Lelang Tahun 2019, ” kami Dinas PUPR bekerja sama dengan Inspektorat akhirnya memutuskan untuk memberhentikan pekerjaan tersebut, dengan cara memutuskan kontrak kerja ” beber Ristiyanto.

Sementara Wahyu Ari Pramono. ST. MT selaku PPK dari DPUPR Cilacap Bidang Bina Marga menjelaskan, ” pemutusan kontrak kerja tersebut sudah sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Inspektorat, kita tidak berani asal -asalan dalam mengambil keputusan ” kata Wahyu.

Agar anggaran bisa terserap dengan baik dan sesuai dengan harapan masyarakat akhirnya untuk melanjutkan pekerjaan tersebut diserahkan kepada PT. Swara Bumi Perkasa dengan sisa anggaran yang sudah melalui perhitungan yakni sebesar Rp. 2.677.490.000 yang pengerjaanya akan berakhir pada tanggal 24 Desember 2019, beber Wahyu.

” Saya selaku PPK sangat berharap sekali agar PT. Swara Bumi Perkasa bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik ” pungkas Wahyu.

Sisa pekerjaan yang harus diselesaikan oleh PT. Swara Bumi Perkasa yang dalam lelang menjadi pemenang kedua harus menyelesaikan pekerjaan jalan Rigid tersebut sepanjang 950 meter dan pekerjaan Talud sebesar 360 Kubik. Menurut Sarwo dari pihak PT. Swara Bumi Perkasa, yang ditemui dilapangan mengatakan, ” ini merupakan tanggung jawab yang besar, dengan sisa waktu 30 Hari Kalender (HK) kita harus mampu menyelesaikan pekerjaan ini, katanya.

” Saya berusaha semaksimal mungkin agar pekerjaan ini bisa terselesaikan, dan semoga cuaca kali ini bisa mendukung ” tambah Sarwo.

Kontrak kerja baru yang dilaksanakan oleh PT. Swara Bumi Perkasa dengan Nomor Perjanjian No. 602.7/25.11-1/BM.18.8.10-1/17 TGL.25 November 2019, sampai dengan sekarang kegiatan masih berlangsung baik pekerjaan Rigid maupun pekerjaan Talud.

Ditempat terpisah Catur Singgih, selaku PPTK menjelaskan, terhadap pekerjaan tersebut PPTK dan pengawas yang ada dilapangan melakukan pengawasan dengan ketat, ” kita tidak mau kejadian yang dilakukan oleh PT. Edo Tunas Totalindo terulang lagi” tegas Catur.

Kepada pelaksana yang sekarang, yakni PT. Swara Bumi Perkasa agar dalam bekerja betul-betul mengikuti bestek yang ada, kerja jangan asal-asalan, PPTK dan pengawas akan lebih Inten kelapangan adar hasil pekerjaan bisa termonitor, tutup Catur. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE