oleh

Ziarah Bersama ke Makam Bupati Blora Terdahulu, Awali Acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 270

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Jelang peringatan hari jadi Kabupaten Blora ke 270, Pemkab Blora laksankan ziarah bersama ke makam Bupati terdahulu dan para tokoh masa masa lampau, Rabu (4/12).

Acara ziarah kubur tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Blora Djoko Nugroho, bersama Wakil Bupati Arief Rohman, jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat dan para Lurah/Kades se-Kabupaten Blora.

Pantauan dilapakan kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB rombongan keluar dari komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati menuju Komplek Pemakaman Tirtonatan di Desa Ngadipurwo yang berjarak sekitar 10 kilometer ke arah utara. Di pemakaman ini terdapat makam para Bupati terdahulu sejak berdirinya Blora tahun 1749.

Setelah itu, rombongan bertolak ke Makam Sunan Pojok yang berada di Kelurahan Kauman (selatan Alun-alun Blora). Dilanjutkan ke Makam Alm. Bupati Ir. Basuki Widodo di TPU Putuk Tangsi, Kecamatan Cepu.

Dan selanjutnya rombongan lain ada yang melakukan ziarah ke Makam Alm. Bupati Mr.Iskandar di Makam Keluarga (utara Gudang Banyu), dan Makam Mbah Janjang di Desa Janjang, Kecamatan Jiken.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan ziarah bersama ke makam para Bupati terdahulu dan para leluhur sebagai awal kegiatan Hari Jadi ke 270 Kabupaten Blora. Ziarah sengaja kami lakukan di awal rangkaian kegiatan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada beliau beliau yang telah wafat. Semoga semuanya dalam keadaan husnul khotimah dan ditempatkan di surganya Allah SWT,” ungkap Djoko Nugroho.

Disamping itu, Bupati juga mengajak seluruh unsur pemerintahan dan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan rangkaian Hari Jadi ke 270 Kabupaten Blora yang puncaknya akan digelar Kirab Budaya tepat tanggal 11 Desember 2019 (minggu depan).

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Blora, Sugiyanto selaku seksi acara ziarah, menjelaskan bahwa kegiatan ziarah tidak hanya dilakukan di dalam daerah saja. Namun juga ada ziarah ke luar daerah, yakni ke makam Bupati terdahulu yang dimakamkan di luar kota.

“Kamis hingga Jumat (5-6/12/2019) besok akan dilakukan ziarah luar kota ke Semarang, Temanggung, Yogyakarta, dan Solo. Sedangkan tanggal 12 Desember akan ada ziarah ke Tuban (Jatim),” jelas Sugiyanto.(spr)

Komentar

NEWS UPDATE