Scroll Untuk Baca Berita
TNI & Polri

Kapolda Sulut Kunjungi Polres Bolmong Selatan, Beri Bantuan ke Warga dan Tanam Bibit Mangrove

852
×

Kapolda Sulut Kunjungi Polres Bolmong Selatan, Beri Bantuan ke Warga dan Tanam Bibit Mangrove

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melakukan kunjungan kerja di Polres Bolmong Selatan, pada Kamis (16/3/2023).

Dalam kunjungan ini, Kapolda turut didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi bersama beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Pengurus Bhayangkari.

Sejumlah agenda kegiatan dilakukan Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut, diawali dengan prosesi penyambutan.

Kedatangan Kapolda bersama rombongan disambut langsung oleh Kapolres Bolmong Selatan AKBP Ketut Suryana didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Ny. Nyoman Ketut Suryana beserta Forkopimda, para pejabat Polres, dan Bhayangkari. Kemudian penyambutan secara adat setempat.

Usai transit, Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut meninjau kegiatan UMKM Bhayangkari Cabang Bolmong Selatan. Dilanjutkan memberikan bantuan sosial bagi warga kurang mampu, juga kepada anak-anak melalui program peduli stunting.

Kapolda Sulut lalu memberikan arahan kepada personel Polres Bolmong Selatan dan jajaran, sedangkan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut bertatap muka dengan Bhayangkari Cabang.

BACA JUGA :  Pemusnahan BB Narkotika Hasil Pengungkapan Juli - Oktober 2021 Dit Narkoba Polda Sumut

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja ini diakhiri dengan penanaman bibit pohon mangrove, di pesisir Pantai Modisi Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian.

Kapolda Sulut dalam sesi doorstop mengatakan, kunjungan kerja ini untuk melihat kinerja Polres Bolmong Selatan.

“Maksud dan tujuannya adalah, melihat secara langsung bagaimana situasi dan kondisi di wilayah Polres Bolmong Selatan ini. Kemudian tentu saya ingin berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Selain itu, lanjutnya, juga untuk mengetahui jika mungkin ada kendala dalam pelaksanaan tugas maupun kekurangan-kekurangan lainnya.

“Jika ada kendala harus segera saya tindaklanjuti, apalagi kita menghadapi tahun politik menjelang Pemilu 2024. Tentu banyak persiapan yang harus segera dilaksanakan oleh Polres Bolmong Selatan ini,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

BACA JUGA :  Kapolsek Jawilan Bersama Personil Amankan Jalannya Unjuk Rasa Warga dan Ormas

Dirinya pun menyadari masih ada beberapa kekurangan di Polres Bolmong Selatan ini, di antaranya jumlah personel dan Polsek.

“Secara kuantitas, anggotanya tidak banyak. Tapi saya berharap dengan segala keterbatasan dan kondisi yang ada, Kapolres tetap bisa memaksimalkan dengan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat, sehingga pelaksanaan tugas di wilayah ini tetap bisa berjalan dengan baik,” ucap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Irjen Pol Setyo Budiyanto berharap, seluruh masyarakat Bolmong Selatan ikut menjaga dan berpartisipasi terhadap masalah keamanan.

“Keamanan memang menjadi tanggungjawabnya Polres. Tapi tidak serta merta kemudian masyarakat tidak memberikan partisipasi, tidak ikut serta menjaga keamanan. Keamanan bisa terwujud dengan baik manakala pihak keamanan dan masyarakat bisa melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik pula,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Sedangkan mengenai masih belum imbangnya antara jumlah Polsek dengan kecamatan yang ada, Irjen Pol Setyo Budiyanto berharap kepada pemerintah daerah bisa mendukung untuk pembentukan Pospol.

BACA JUGA :  Polres Lamsel Salurkan Amanah Bantuan Kepada Nenek Nurhasanah

“Polseknya hanya tiga, kecamatannya enam, itu juga menjadi kendala. Saya berharap, pemerintah daerah bisa mendukung untuk pembentukan Pospol-pospol yang nanti ditingkatkan menjadi Polsubsektor dibeberapa lokasi, terutama yang jaraknya cukup jauh dari Polsek induknya,” harapnya.

Sementara itu terkait penanaman bibit pohon, menurut Irjen Pol Setyo Budiyanto, hal ini merupakan wujud dukungan terhadap program go green untuk menghijaukan lingkungan.

“Meskipun saya yakin bahwa, wilayah Bolmong Selatan ini sudah bagus masalah tanaman, pohon, dan lain-lain. Tapi setidaknya, kami juga ikut mendukung program go green terhadap lingkungan. Mudah-mudahan nanti diikuti oleh yang lain, bisa menciptakan suasana yang lebih sejuk dan nyaman,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

(**Jefry Kandouw)