Daerah

TNI AL Lantamal I Belawan Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Massal ke 2 Untuk Masyarakat Maritim Medan

1818
×

TNI AL Lantamal I Belawan Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Massal ke 2 Untuk Masyarakat Maritim Medan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BELAWAN || SUMATERA UTARA – Pangkalan Utama TNI AL I ( Lantamal I ) Belawan kembali menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 untuk vaksin yang ke-2 kepada masyarakat maritim Kota Medan yang dilaksanakan bertempat di Wisma Arafuru Komplek Perumahan TNI AL Barakuda Jalan Aluminium Raya Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli Kota Medan, Senin (26/07/2021)

Sejak adanya Instruksi Presiden RI dengan Program Pemerintah “Satu Hari Satu Juta Vaksin” disuntikan kepada masyarakat seluruh Indonesia, serta untuk percepatan vaksinasi Covid -19 kepada masyarakat penduduk Indonesia supaya mendapatkan kekebalan komunal (Herd Immunity) maka untuk mencapai kondisi tersebut Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I) telah melaksanakan Serbuan Vaksinasi Massal kepada Masyarakat Maritim Kota Medan di wilayah kerja Lantamal I dan Keluarga besar TNI Angkatan Laut sejak tanggal 28 Juni 2021 sampai dengan sekarang sudah berhasil divaksin sebanyak 11.533 orang.

BACA JUGA :  Polsek Medan Helvetia Gelar Ops Keselamatan Toba 2022 dan Bagi Masker Serta Himbau Masyarakat Untuk Vaksin 'Booster'

Hari ini Lantamal I menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal kepada masyarakat maritim Kota Medan untuk vaksin ke-2 dimana masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin pertama pada tanggal 28 Juni 2021 yang dilaksanakan di Balai Pengobatan Barakuda Komplek Perumahan TNI Angkatan Laut Barakuda bisa kembali datang untuk melaksanakan vaksin ke-2.

Serbuan vaksinasi Covid-19 yang gencar
dilaksanakan untuk menindaklanjuti instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memerintahkan kepada seluruh jajaran satuan TNI Angkatan Laut dimanapun berada untuk menggelar serbuan vaksinasi massal khususnya kepada masyarakat maritim yang berada diwilayah pesisir, masyarakat nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan kapal maupun pelabuhan penyeberangan orang,
komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan di Wisma Arafuru Komplek Perumahan TNI AL Barakuda ditargetkan masyarakat dan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut bisa tervaksin sebanyak 1.000 orang. Pantauan dilapangan antusias masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19 sangat tinggi namun panitia penyelenggara hanya bisa melayani hanya masyarakat yang sudah pernah divaksin tahap pertama dengan rentang waktu setelah 28 hari. Sementara itu
Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I) sudah menggelar vaksinasi massal sebanyak 12 kali dibeberapa tempat diwilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

BACA JUGA :  Kapolres Minahasa Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

TNI AL Lantamal I Belawan sampai dengan saat ini sudah melaksanakan vaksinasi pertama kepada masyarakat maritim kota Medan dan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut sebanyak 11.533 orang ditambah hari ini untuk vaksin ke-2 ditargetkan 1.000 orang sehingga masyarakat yang sudah divaksin lebih daru 12.500 orang.

Dalam pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19 masyarakat setelah selesai divaksin, peserta dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat. Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Yonmarhan I dan personel Pomal yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi.

BACA JUGA :  Pansus LKPJ Minta PUD Pasar Medan Maksimalkan Kinerja

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal diterjunkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 7 Tim yang terdiri dari 2 Tim dari RSAL Komangmakes Belawan, 2 Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I, 1 Tim dari RS. Eshmun, 1 Tim dari RS. PHCM dan 1 Tim dari Puskesmas Belawan. Dan ditinjau langsung oleh WS. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal didampingi oleh pejabat utama dan Kadis/Kasatker Lantamal I.
(Red/w)