Scroll Untuk Baca Berita
Daerah

Pimpin Rakor Bersama Jajaran Eksekutif, Arief Rohman Ajak ‘Sesarengan Mbangun Blora’

585
×

Pimpin Rakor Bersama Jajaran Eksekutif, Arief Rohman Ajak ‘Sesarengan Mbangun Blora’

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Bupati Blora, Arief Rohman didampingi Wakilnya, Tri Yuli Setyowati untuk pertama kalinya memimpin rapat koordinasi bersama jajaran eksekutif Kabupaten Blora, mulai dari Sekda, Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Camat, dan Staf Khusus Bupati. Menekankan visinya “Sesarengan Mbangun Blora”. Yang di selenggarakan di Ruang pertemuan Setda Blora, Senin (1/3/2021).

Arief Rohman mengungkapkan bahwa dampak pandemi Covid-19 bagi Kabupaten Blora adalah meningkatnya angka kemiskinan.

“Tahun 2019, angka kemiskinan kita ada di angka 11.32, sedangkan di tahun 2020 naik menjadi 11.96. Perlu fokus untuk meningkatkan kembali angka pertumbuhan ekonomi ini,” ungkap Arief Rohman.

Setali tiga uang, pertumbuhan ekonomi pun terdampak dengan adanya pandemi Covid-19, Arief Rohman menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blora mengalami penurunan.

“Bila di tahun 2019, pertumbuhan ekonomi kita ada di angka 4.05, tahun 2020, karena Covid-19 pertumbuhan ekonomi kita turun menjadi -1,” terangnya.

BACA JUGA :  Sekda Baubau Tinjau Produk Beras Lokal Ngkaring-Ngkaring

Arief Rohman mengupas seluruh permasalahan utama yang ada di Kabupaten Blora, seperti angka pengangguran, kesehatan, infrastruktur, pertanian, perkebunan, dan peternakan. Pihaknya meminta kepada seluruh jajaran eksekutif untuk bekerja keras dan ikhlas meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

“Saya minta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat untuk bekerja maksimal dengan ikhlas mewujudkan visi misi kita bersama,” ajak Arief Rohman.

Untuk mempercepat roda pembangunan, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Blora menuangkannya dalam Program 99 Hari, yaitu:
1. Mewujudkan Mall Pelayanan Publik.
2. Ngantor di rumah sakit.
3. Ngopeni Kadang Kekurangan, melalui Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT)
4. Mewujudkan Blora satu data.
5. Blora mengaji.
6. Musrenbang lansia, kelompok rentan, fifabel, pemuda, perempuan, dan anak.
7. Membentuk Satgas pupuk, dalam rangka mengurangi kelangkaan pupuk.
8. Membuat grand design peternakan terpadu dari hulu sampai hilir.
9. Ngopi bareng dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dan koordinasi lintas sektoral.

BACA JUGA :  Anev Opsnal dan Pembinaan, Kapolda Sulut Pastikan Kegiatan Berjalan dengan Baik

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Arief Rohman meminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk merumuskan inovasi baru demi kemaslahatan seluruh masyarakat Blora.

“Saya minta semua Kepala OPD untuk membuat inovasi yang bagus, dan membawa manfaat yang baik bagi unit kerjanya juga bagi masyarakat. Silakan dirumuskan, dan nanti minggu depan lakukan presentasi,” pinta Arief Rohman.

Senada dengan Arief Rohman, Tri Yuli Setyowati juga menekankan pentingnya inovasi dari setiap OPD demi kemajuan daerah.

“Selain berinovasi, saya menambahkan yang tidak kalah penting adalah bahwa perlu adanya sinergi antar OPD demi percepatan pembangunan daerah. Monggo kita sesarengan mbangun Blora,” terangnya.

Di akhir Rakor, Sekda Blora, Komang Gede Irawadi menekankan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk menindaklanjuti arahan-arahan yang sudah diberikan oleh Bupati.

“Saya cermati apa yang disampaikan oleh Bapak Bupati sudah komprehensif, sudah menunjuk kepada masing – masing OPD. Jadi Bapak/Ibu sekalian diharapakan untuk segera menciptakan inovasi – inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat yang berbasis teknologi informasi,” tutup Komang.

BACA JUGA :  Usai di Lantik, Bupati dan Wabup Wakatobi Gelar Rakor Bersama OPD hingga Camat

Sebagai informasi, Bupati Blora menunjuk beberapa pejabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Perangkat Daerah, sekaligus menunjuk Staf Khusus yaitu:
1. Plt. Kepala Bappeda, Ainur Rofiq.
2. Plt. Ka. BPPKAD, Slamet Pamudji.
3. Plt. Ka. DLH, Sugiyono.
4. Plt. Ka. Dinperinaker, Sudharmono.
5. Plt. Setwan, Suryanto.
6. Plt. BKD, Heru Eko Wiyono
7. Plt. Ka. Dindukcapil, Zulis Susilarti.
8. Plt. Asisten 1. Sugiyanto.
9. Plt. Dinkes, Edy Widayat

Staf Khusus Bupati:
1. Kuat Prihantoro (Bidang Reformasi Birokrasi dan Supremasi Hukum)
2. Bondan Sukarno (Infrastruktur, Investasi, dan Pembangunan Ekonomi Lokal)
3. Mochamad Mutiyono (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Penanggulangan Kemiskinan, Pemberdayaan Masyarakat, serta Kearifan Lokal). (Hamam)