by

Save Kali Cikarang, Melestarikan bermacam-macam pohon di Hutan Bambu

-Daerah-132 views

NASIONALXPOS.CO.ID,BEKASI-Kali Cikarang menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta wisata alam, terutama di wilayah hutan bambu yang beralamat di desa Suka Danau Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Lokasi tersebut juga menjadi salah satu shelter pemantauan kondisi kali Cikarang oleh para relawan.

Rindangnya pepohonan bambu, menjadikan tempat yang tepat untuk berkembangnya habitat satwa seperti burung, biawak, kura-kura dan ikan kali yang sesekali muncul dipermukaan. Selain itu, keindahan alam kali Cikarang juga dimanfaatkan oleh anak-anak sekitar kali sebagai arena berenang dan bermain.

“Pelestarian Kali Cikarang harus juga diikuti dengan kesadaran seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga alam dan lingkungannya agar tetap bersih, sehat, aman dan nyaman “.

Melihat pentingnya pemahaman dan aksi nyata dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan, maka Komunitas Save Kali Cikarang pada hari minggu, tanggal 4 Oktober 2020 bersama dengan Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan ( PRABU-PL) , melakukan aksinya kembali dengan melakukan penanaman pohon bambu ampel di sekitar wisata alam Hutan Bambu.

Aksi itu juga dihadiri dari berbagai kalangan seperti komunitas ojol, komunitas senam, komunitas sepeda dan bahkan Youtuber Bekasi “Pacul Lagi” yang viral dengan banyolan suara akar rumputnya.

Dalam sambutannya, John Smokers ( Dedi Kurniawan) Sebagai Koordinator Kegiatan Save Kali Cikarang, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh komunitas yang selalu konsisten bersama-sama melakukan kontribusi dalam rangka menjaga lingkungan serta kelestarian alam.

Ketua PRABU-PL, Carsa Hamdani juga menjelaskan bahwa dalam melakukan penanaman pohon bambu di bantaran kali Cikarang tersebut diharapkan dapat menambah rindangnya hutan bambu, dimana lokasi itu akan menjadi tempat konservasi alam. Dia juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu menjaga kelestarian ekosistem dimanapun mereka berada.

Di akhir acara penanaman pohon, kegiatan positif ini ditutup dengan ikut berpartisipasinya perwakilan Konselor dari Tempat Rehabilitasi Narkoba Pondok ilir-ilir yang beralamat di desa Ciledug, Kec Setu Kabupaten Bekasi, dengan melakukan sosialisasi tentang bahaya Narkoba kepada masyarakat.

(Red).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed