Nasional

Api Rokok Membawa Petaka, Satu Kios Dan Rumah Warga di Lalap Sijago Merah

271
×

Api Rokok Membawa Petaka, Satu Kios Dan Rumah Warga di Lalap Sijago Merah

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID,SOFIFI- Akibat api rokok, Sijago merah kembali menghanguskan satu kios milik Baso Heriadi dan rumah milik Maijonri warga Desa Galala Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Senin (04/09/2023) sekitar pukul 15.10 Wit tepat di depan Stasiun pengisian Bahan Bakar (SPBU) Desa Galala.

Kronologis kejadian yang disampaikan pemilik kios Baso Heriadi menjelaskan, sekitar pukul 15.00 Wit dikios miliknya sedang melakukan pengisian BBM di botol-botol yang berukuran 1 liter dan 2 liter tepat berhadapan dengan tempat duduk kios Keysa yang saat itu dirinya bersama beberapa orang yang sedang duduk ditempat duduk tersebut, diantaranya Maijonri, Madi dan Aldi yang sedang merokok mengatakan kalau Api rokoknya jatuh, serentak itupun pemilik kios bersama Aldi yang merokok dan Madi langsung mencari api rokok yang jatuh di bawah tempat duduk karena Jarak tempat duduk dan Depot BBM begitu dekat, namun percikan api rokok yang jatuh di cari tidak ditemukan,” Kisahkan Baso Heriadi.

Advertisement

Pemilik kios Baso Heriadi pun masuk kedalam rumah dan mendengar ada teriakan api dari depan kios, sehingga yang bersangkutan lari keluar mengecek, ternyatan api telah membesar dilantai dekat depot pengisian BBM, ia pun lari masuk membangunkan istri dan anak yang sedang tidur dan mengambil selimut dibasahi dengan air, selanjutnya berlari keluar hendak memadamkan api namun api telah menyebar kedepot pengisian BBM, Baso Heriadi pun membuang selimut yang sudah di basahi dan memanggil istri dan anaknya untuk lari keluar dari kios. Sementara adik dan ketiga rekan lainnya mencoba memadamkan api dengan air kran yang berada di depan, tetapi tidak berhasil karena api dengan cepat menyebar ke depot BBM yang berisi BBM kurang lebih 200 liter ikut terbakar,” ujarnya.

BACA JUGA :  Peltu Zainal Komsos Bersama Tiga Pilar Kelurahan Bahas Pencegahan Bahaya Kebakaran

Warga sekitar dan masyarakat yang melewati depan kios membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api semakin membesar dan menghanguskan sebuah rumah di sebelah kios keysa.

BACA JUGA :  Personel Polda Sulut Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

kurang lebih setengah jam mobil pemadam kebakaran milik Pemda Provinsi Maluku Utara tiba di lokasi, namun kios Keysa bersama dua unit sepeda motor tidak dapat diselamatkan hangus terbakar, sementara rumah yang bersebelahan dengan kios Keysa masih dapat di padamkan apinya oleh tim Damkar karena api masih membakar pada bagian atap rumah. Pada pukul 16.10 Wit petugas Damkar dibantu warga berhasil memadamkan api sebelum menyebar ke Toko dan Kios yang berdekatan dengan lokasi kebakaran.

BACA JUGA :  450 Prajurit R 712 Mendapat Arahan Pangdam Dalam Persiapan Satgas Papua

Dalam Insiden kebakaran tersebut, selain menghanguskan satu buah kios dan satu rumah, serta dua buah kendaraan roda dua, satu orang bernama pantri mengalami luka bakar pada bagian kaki karena berupaya memadamkan api, korban sementara mendapat perawatan sintensif di Rumah Sakit Sofifi.

Terpisah Kasi Humas Polresta Tidore Kepulauan IPTU Irwansyah ketika dikonfirmasi seputar insiden tersebut, ia membenarkan bahwa terjadi kebakaran didepan SPBU Sofifi, menurutnya saat insiden kebakaran terjadi Anggota Piket Polsek Oba Utara dan Anggota BKO patmor Sat Samapta turun ke TKP untuk membantu melakukan pemadaman dan melakukan pengamanan jalur lalu lintas. Sampai saat ini TKP peristiwa kebakaran masih berkumpul warga sekitar dan Masyarakat yang sedang melintas melewati Jalur depan SPBU dan situasi masih dalam keadaan aman terkendali,” (Sa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *