by

Danlanal Pimpin Apel Pembukaan Diklat Basis Calon Taruna AIP

-Daerah-120 views

NASIONALXPOS.CO.ID, LOMBOK TIMUR  – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram, Kolonel Laut (P) Suratun, SH., memimpin upacara Pembukaan Diklat Basis Calon Taruna Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) Tahun 2020 Lombok Timur, Senin (24/8).

Kegiatan yang di gelar di Pos AL (Posal) Selat Alas Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Kab Lombok Timur Provinsi NTB diikuti oleh 65 peserta Diklat serta hadiri oleh Seluruh Perwira Staf Lanal Mataram, antara lain Paspotmar Mayor Laut (K/W) Ni Nyoman Arya Suciati, Pasintel Lanal Mataram Mayor Laut (S) Thomas Dolfinus Fanulene, S.E.,MH.,Pjs.

Pasops Kapten Laut (P) Nugraha Tri Buana yang juga bertindak selaku komandan upacara, Dansub Unit Intel Lettu Laut (P) Agung Hariyono, Dankal Lembar Lettu Laut (P) Andi Maulana, Dankal Ampenan Lettu Laut (P) Padmo, Paur Kesla BK Letda Laut (K/W) dr. Ardita Fransiska Pratiwi, Danposal Selat Alas Letda Laut (P) Marjun Susanto, Direktur AIP Nusra bapak Zulkarnaen, pembantu direktur dan staf pengajar Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara.

Dalam upacara pembukaan tersebut Danlanal menyematkan tanda Peserta Diklat secara simbolis sebagai tanda dibukanya kegiatan Diklat Basis Calon Taruna AIP.

Dalam Sambutannya Danlanal menjelaskan bahwa kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para calon taruna-taruni Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara yang akan menghadapi tugas belajar di kampus dan juga tuntutan tugas di laut nantinya maka perlu adanya pendidikan dan latihan dasar kedisiplinan dan pembinaan mental.

“Selain itu, kegiatan yang akan dilaksanakan ini diharapkan Agar calon taruna-taruni dapat belajar dan berlatih dengan maksimal sehingga apa yang diperoleh selama latihan hendaknya dapat menjadi pedoman sebagai bahan acuan dan dalam mengembangkan kepribadian sikap dan mental serta jasmani yang terima dalam melaksanakan tugas-tugas belajar yang diemban,” lanjut Danlanal alumni AAL 1992 ini.

Danlanal juga mengingatkan Para calon taruna-taruni Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara, bahwa sesungguhnya Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang kaya akan sumber daya kelautan keanekaragaman laut keanekaragaman sosial dan budaya maritim serta memiliki sejarah kejayaan maritim di masa yang lalu.

“Indonesia terletak pada posisi strategis geografi Oleh karena itu Pembangunan yang berorientasi kelautan menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi bangsa Indonesia,” tegasnya.

“Sesuai dengan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia, sebagai negara maritim yang berdaulat Mandiri kuat serta mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamaian kawasan nusantara pembangunan di semua sektor hingga kini,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed