DaerahPemerintahan

Desa Sarani Matani Gelar Pembekalan Tekhnis Tim Relawan Pokja Pemutakhiran Data IDM

1040
×

Desa Sarani Matani Gelar Pembekalan Tekhnis Tim Relawan Pokja Pemutakhiran Data IDM

Sebarkan artikel ini

NASIONAL XPOS.CO.ID MINAHASA – Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Suistanable Development Goals (SDGs) Desa atau (tujuan pembangunan berkelanjutan desa) di Desa Sarani Matani kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa Rabu (27/04/2021) mengadakan kegiatan Pembekalan tekhnis tim relawan Pokja pemutakhiran data IDM berbasis SDGs yang  dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sarani Matani.


Kegiatan yang dimulai pagi hinggah sore Pesertanya terdiri atas perangkat desa, dan tim pendataan masing-masing RT. Acara ini mengundang Pendamping desa sebagai narasumber pada pembekalan pemutakhiran data IDM.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Dalam pembekalan Hukum tua Desa Sarani Matani Denny C Posumah mengharapkan seluruh perangkat desa harus belajar dan mengikuti Pembekalan tekhnis tim relawan Pokja pemutakhiran data IDM berbasis SDGs yang dimaksud” terang Posumah.

BACA JUGA :  Petugas Gabungan Jaga Ketat Debat Terbuka Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2020

Tim pendataan dibimbing untuk mengisi lembar kuesioner dan dilatih untuk bisa input secara online hasil pendataanya melalui aplikasi SDGs Desa dari Kementrian Desa yang di install di hp android. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan sehingga ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

BACA JUGA :  Dibuka Virtual Presiden RI, Walikota dan Wawali Tomohon Ikut Ibadah Sidang Sinode Ke-81 GMIM di MCC

Setiap tim pendata diberikan ATK sebagai pelengkap saat melaksanakan kunjungan ke rumah warga. Tugas tim pendata adalah mengisi kuesioner untuk keluarga (rumah tangga) dan kuesioner untuk individu. Isi kuesioner untuk keluarga mencakup deskripsi lokasi, deksripsi keluarga, dan deskripsi permukiman. Sedangkan isi kuesioner untuk individu mencakup deskripsi individu, deskripsi pekerjaan, deskripsi kesehatan dan deskripsi pendidikan. ( TEVRI).