by

Farid Ma’Ruf Launching Lima Aplikasi, Aksi Perubahan Hasil Karya ASN

-Daerah-465 views

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP- Pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan VIII yang digelar oleh BKPPD Kabupaten Cilacap, bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah untuk Kabupaten Cilacap menghasilkan lima Aplikasi.

Lima aplikasi tersebut di launching oleh Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, ST di ruang rapat sekretaris daerah, yang di hadiri oleh Asisten III, Kabag Perekonomian, dan ke lima ASN yang berinovasi membuat aplikasi, Jumat (20/11/2020).

Keliama ASN tersebut yakni, Heka prihadi SE.,MM Kasubag Bina Usaha pada Bagian Perekonomian, Galuh Mei Wardana, SE, MM Kasubag Pembinaan penanan modad dan BUMD pada Bagian Perekonomian, Tri Komala Dewi, S.STP, M.Si Kasubag TU dan Kepegawaian pada Bagian Umum, Tutoli Agustini, S.IP Kasubag Penata Usahaan pada Bagian Keuangan, dan Eri Gunawan, ST. MT Kasubag Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Sekda Cilacap Farid Ma’Ruf Launching Aksi Perubahan di Lingkungan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap

Dalam sambutanya, Sekda Cilacap Farid Ma’Ruf mrnyampaikan, bahwa kegiatan diklat meliputi beberapa fase yaitu Pra Diklat, pelaksanaan Diklat dan Pasca Diklat, kata Farid.

“Dari fase pelaksanaan diklat tersebut, peserta dituntut untuk melakukan aksi perubahan yaitu menciptakan sebuah inovasi sesuai dengan isu strategis yang ada di bidang tugasnya masing-masing, ” jelas Farid.

Farid berharap, dengan adanya aksi perubahan tersebut, diharapkan dapat membantu tugas pokok fungsi pejabat pengawas tersebut sekaligus memberi manfaat bagi organisasi dalam rangka pelayanan publik.

Beberapa aplikasi maupun website yang menjadi implementasi Aksi Perubahan dari 5 (lima) peserta dari Sekretariat Daerah ini merupakan terobosan dan wujud penguatan digitalisasi khususnya di era pandemi Covid-19 yang ada saat ini.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, dibutuhkan akselerasi dan percepatan dalam hal administrasi birokrasi maupun pelayanan publik melalui digitalisasi. Pelayanan administrasi yang menggunakan digital platform seperti aplikasi maupun website dalam tugas-tugas kedinasan akan menjangkau stakeholder maupun masyarakat secara lebih luas, lebih praktis dan cepat serta dapat memangkas berbagai macam biaya, beber Farid.

Berikut 5 (lima) Aksi Perubahan yang dilaksanakan peserta Diklat PKP Angkatan VIII di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap kerjasama BPSDMD Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap Tahun 2020 yaitu :

Tri Komala Drwi, S.STP, M.Si Karya Aplikasi, ASOKA
Aplikasi Surat Online Kabupaten Cilacap (Pengembangan untuk Surat Keluar)
Galuh Mei Wardhana, SE, MM, Karya Aplikasi SIPELUKAN BUMD
Sistem Informasi Pelaporan Keuangan BUMD, Tuti Agustini, S.IP, Karya Aplikasi SILAPPER (Sistim Informasi Laporan Persediaan, Heka Prihadi, SE, MM, Karya Aplikasi SIGAPMEDIASI (Sistem Informasi Harga Pangan dan Media Inflasi, Eri Gunawan, ST, MT Karya Aplikasi Gertak SIAPA PBJ (Sistem Informasi Aduan dan Saran Pengadaan Barang dan Jasa.

Kita semua meyakini dengan adanya aksi perubahan yang telah dilaksanakan oleh kelima peserta tersebut akan mempercepat dan mempermudah dalam hal pelayanan administrasi maupun pelayanan publik. Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada merka, tambah Farid.

Untuk saudari Tri Komala Dewi, S.STP, MM, Tuti Agustini, SE, saudara
Galuh Mei Wardhana, SE, MM,
Heka Prihadi, SE, MM dan Eri Gunawan, ST, MT, selamat atas terwujudnya tujuan dari kegiatan aski perubahan saudara, “Tetap semangat untuk terus mengembangkan potensi diri demi krmajuan organisasi, ” pungkas Farid. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed