Daerah

Kacangan Memanas, Ratusan Simpatisan Pendukung Hadiri Proses Penetapan Calon Kades

1541
×

Kacangan Memanas, Ratusan Simpatisan Pendukung Hadiri Proses Penetapan Calon Kades

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Memanas, ratusan simpatisan pendukung dari Dua calon Kades Kacangan yaitu Wisnu Candra Darmawan (red-calon baru) dan Tri Jatmiko (petahana) hadiri pelaksanaan penetapan calon dan pengundian nomor urut calon kepala desa di Balaidesa Kacangan, Rabu (21/06/2023).

Selain itu, proses penetapan tersebut juga dihadiri Camat Todanan Karyono, Jajaran Forkopimcam Todanan, Panitia Pilkades, Ketua dan Anggota BPD Desa Kacangan, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan semua perangkat Desa Todanan.

Melihat hal tersebut, persaingan antar calon dan pendukung semakin terlihat dan tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan gesekan antar pendukung yang berakibat pada kurang kondusifnya pelaksanaan pilkades itu sendiri.

BACA JUGA :  Anggaran Jalan Rusak di Tahun 2021 Masih Terbatas

Karyono selaku Camat Todanan dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini adalah tahapan penetapan, dari bakal calon menjadi calon kepala desa, juga pengundian nomor urut calon kepala desa yang akan dicantumkan pada kartu suara.

Setelah ditetapkan menjadi calon kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia.

“Pengarahan ini kita berikan dengan harapan agar pilkades Kacangan berjalan damai, tentram, tenang dan tidak ada permasalahan, dari awal, pelaksanaan sampai dengan pasca pelaksanaan,” harapnya.

BACA JUGA :  Beredar Blangko Abal-abal Bertarif Rp400, Manager PLN ULP Blora Angkat Bicara

Pihaknya menegaskan hal terpenting bagi para calon adalah dapat menggerakkan hati masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan pesta demokrasi pemilihan kepala desa yang aman dan kondusif.

Harapannya siapa saja yang ditakdirkan dan terpilih bisa menjadi kepala desa dan membawa desanya dengan baik.

“Bagi calon yang terpilih untuk dapatnya menjalin komunikasi dan menjalin silaturahim yang harmonis dengan calon yang belum terpilih oleh masyarakat menjadi kepala desa. Dan calon nantinya bisa menerima apa adanya dan legowo terhadap hasil suara yang diperolehnya,” kata Karyono.

BACA JUGA :  Peringati HSN 2022, Ini Pesan Ketua MWC NU Todanan

“Maka dari itu, jadi calon kepala desa harus disiapkan mental yang kuat, harus siap kalah, karena itu adalah konsekuensi terburuk yang hari disiapkan sebagai calon kepala desa,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pilkades Kacangan tahun 2023 kali ini diikuti 2 calon berdasarkan hasil pengundian, nomor urut 1 Wisnu Candra Darmawan (red-calon baru) dan nomor urtu 2 Tri Jatmiko (petahana). Mereka berdua akan berkompetisi dalam ajang pilkades serentak bersama 2 desa lainnya di Kecamatan Todanan yaitu Desa Sendang dan Desa Kembang pada tanggal 8 Juli 2023 nanti. (Riyan)