Scroll Untuk Baca Berita
Nasional

Menyamar Sebagai Kapolres Haltim, Dua Penipu Berhasil di Tangkap Ditkrimum Polda Malut 

202
×

Menyamar Sebagai Kapolres Haltim, Dua Penipu Berhasil di Tangkap Ditkrimum Polda Malut 

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID,TERNATE- Ditkrimum Polda Maluku Utara berhasil mengungkap dan menangkap dua pelaku penipuan yang menyamar sebagai Kapolres dan Kasat Reskrim Halmahera Timur. Pelaku, yang berinisial JKD (37 tahun) dan H (28 tahun), merupakan warga asal Jakarta.

Penangkapan ini dilakukan setelah polisi menerima laporan dari seorang warga Desa Ake Daga, Kecamatan Wasile, Halmahera Timur, yang menjadi korban penipuan sebesar 200 juta rupiah pada Agustus 2023. Pelaku menelpon korban dan mengaku sebagai Kapolres dan Kasatreskrim, kemudian meminta uang sebesar 200 juta rupiah.

BACA JUGA :  Pangdam Mayjen TNI Hilman Hadi Pimpin Sertijab Asops Kasdam II/Swj

Dua penipu yang menyamar sebagai Kapolres Halmahera Timur Ditangkap, Ditemukan 88 Kartu ATM. Menurut Wadir Krimum Polda Maluku Utara, AKBP Anjas Gautama Putra, pelaku telah beroperasi sejak 2019 dan masih ada satu pelaku lain yang merupakan pimpinan komplotan ini yang masih dalam pengejaran.

BACA JUGA :  Danlantamal VIII Pimpin Panen Singkong

Saat penggrebekan di Jakarta, petugas menemukan 88 kartu ATM dari tujuh bank berbeda, termasuk Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, BCA, BTN, dan BSI. Kartu-kartu ini digunakan oleh pelaku untuk menarik uang hasil penipuan,” Ujar Anjas dilansir dari Media JNewstv.com.

BACA JUGA :  Kodim 0418/Palembang bersama PT Jasa Raharja Gelar Baksos Donor Darah

Pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHPidana, Pasal 3 dan Pasal 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Penyelidikan masih berlanjut untuk menangkap pelaku lainnya dan mengungkap lebih banyak detail tentang operasi penipuan ini. (Maun)