Scroll Untuk Baca Berita
Nasional

Pemuda Blora Diajak Berkolaborasi Membangun Negeri

547
×

Pemuda Blora Diajak Berkolaborasi Membangun Negeri

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Bupati Blora Arief Rohman mengajak pemuda Blora untuk bersatu, berkolaborasi membangun untuk kemajuan negeri.

Hal tersebut diungkapakan orang nomor Satu se-Kabupaten Blora tersebut, saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke -94 tahun 2022 yang mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”, di halaman Kantor Sekretariat Daerah, Jumat (28/10/2022).

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Mari seluruh Pemuda Blora untuk bersatu, berkolaborasi, saling membantu, melaksanakan program program pembangunan kepemudaan yang baik demi kemajuan negeri. Pemuda jangan berdiam diri, mari bergerak bersama,” ungkapnya.

Gus Arief mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

BACA JUGA :  Dandim 0721 Blora Datangi Koramil 09 Randublatung

Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Saudara-saudara sekalian, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” terangnya.

BACA JUGA :  Danpusterad Kunjungi Kampung Pancasila di Wilayah Kodim 0410/BKL

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” tegasnya.

Menurutnya, Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

BACA JUGA :  Pejabat Pemkot Ikuti Rakor Vaksinasi Covid-19

“Jika kita melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan,” sambungnya.

“Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi,” tutupnya.

Dalam upacara tersebut, diikuti jajaran Forkopimda, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur TNI, Polri, ormas, organisasi kepemudaan, pelajar, mahasiswa, PMI hingga Pramuka itu, Bupati Arief Rohman membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI.(Riyan)