by

Polres Blora Buka Diksar Satpam Gada Pratama Selama 2 Pekan

-Daerah-335 views

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Kepolisian Resor (Polres Blora), Polda Jawa Tengah menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Pengamanan (Satpam). Upacara Pembukaan Diksar Satpam dilaksanakan di halaman depan Polres Blora dengan Inspektur Upacara Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, S.IK yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Drs. Joko Watoro, Senin (22/3/2021).

Dalam amanatnya Wakapolres Blora Kompol Drs. Joko Watoro mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung terlaksananya Diksar Satpam.

“Kami menyadari bahwa dengan segala keterbatasanya Polri tidak mungkin bekerja sendirian, dengan Diksar Satpam ini di harapkan dapat membentuk Satpam yang sigap dan mumpuni sehingga bisa menjadi mitra kerja Polri dalam pelaksanaan tugas pengamanan,” kata Wakapolres Blora.

Dijelaskan lebih lanjut, dinamika masyarakat yang bergerak begitu cepat dalam segala bidang, tentunya menimbulkan kerawanan tersendiri dan Polri menyadari bahwa tidak mungkin bekerja sendiri dalam menciptakan masyarakat yang aman dan tertib, hal inilah yang mendorong terbentuknya satpam di Indonesia.

Kapolri (ketika itu dijabat Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin) mengeluarkan Surat Keputusan Kapolri, No. SKEP/126/XII/1980 tertanggal 30 Desember 1980 tentang pola pembinaan Satuan Pengamanan.

Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi atau badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerja.

“Banyak yang mengaku petugas keamanan tetapi tidak pernah mengikuti Diksar Satpam. Untuk itulah Polres Blora bekerja sama dengan PT. Bima Global Security mengadakan Diksar Satpam Gada Pratama,” jelasnya.

Tak lupa Wakapolres Kompol Joko Watoro menekankan agar selama pelaksanaan kegiatan Diksar Satpam betul-betul menerapkan protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Laksanakan pendidikan dengan baik dan taati protokol kesehatan untuk antisipasi Covid-19,” pungkas Wakapolres Blora.

Adapun untuk pendidikan Diksar Satpam akan dilaksanakan selama dua pekan kedepan dan akan diikuti oleh 78 peserta.

Upacara yang digelar dengan sederhana tersebut, berjalan khidmat, lancar dan di akhiri dengan doa bersama. (Hans)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed