NasionalTNI & Polri

Sambut HUT RI ke-78, Kodim 0419/Tanjab Gelar Baksos Peduli Kemerdekaan

175
×

Sambut HUT RI ke-78, Kodim 0419/Tanjab Gelar Baksos Peduli Kemerdekaan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, Dandim O419/Tanjung Jabung melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) “Peduli Kemerdekaan”.

Kegiatan Baksos tersebut, dilaksanakan pada hari Jum’at (04/08/2023) yakni, dengan menyambangi langsung sebuah rumah yang dulunya merupakan Posko Dapur Umum Para Pejuang Selempang Merah Kuala Tungkal.

Advertisement

Dalam kunjungannya, Dandim 0419/Tanjab Letkol Kav Muslim Rahim Tompo, S.H., M.Si., beserta Perwira Kodim 0419/Tanjab dan anggota bersilaturahmi langsung dengan para cucu H. Mangun Bin Tubasar, salah satu Veteran Selempang Merah serta Nyekar di pusara sang pahlawan dengan memanjatkan doa yang berada di lokasi di Parit Gantung, Desa Tungkal 1 Kecamatan Tungkal Ilir.

BACA JUGA :  Kapolsek Jawilan Apresiasi Kegiatan Seminar Tentang "Kenakalan Remaja dan Cara Penanggulangannya" Oleh Himpunan Mahasiswa Jawilan 

Tidak sampai disitu, bahkan Dandim menyempatkan diri untuk memberikan sejumlah bantuan sembako dan uang tunai kepada keturunan pahlawan ini.

Dandim juga merasa prihatin dengan kondisi bangunan eks dapur umum para pejuang dulu. Mengingat kondisinya kini sudah hancur dan mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga dirinya berniat untuk melaksanakan kegiatan untuk memperbaiki salah satu bukti sejarah perjuangan masyarakat Tanjung Jabung Barat dalam mengusir penjajah.

Dandim mengatakan, Insya Allah nanti akan diperbaiki dengan anggota kita. Tujuan kita adalah untuk melestarikan dan mengabadikan bukti sejarah para pahlawan dulu agar tidak terbengkalai begitu saja.

BACA JUGA :  Kanit Binmas Polsek Jawilan Hadiri Acara Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) Jawilan

“Kita juga merasa prihatin juga dengan kondisi dari keluarga, makanya hari ini kita melaksanakan kegiatan Bakti Peduli Kemerdekaan,” ujarnya.

Lebih lanjut Dandim berharap agar para generasi muda bisa ikut berperan dalam mengisi kemerdekaan ini. Setidaknya dengan memahami, mengetahui dan bisa memelihara salah satu bukti sejarah perjuangan.

“Selain itu, kita juga mengharapkan dukungan dari Pemkab Tanjab Barat, sehingga bukti sejarah perjuangan bisa diabadikan dan tidak terbengkalai begitu saja,” kata Dandim.

Dandim menambahkan, semoga nantinya ada kepedulian juga dari pihak Pemkab Tanjab Barat, sehingga kita bisa bersama sama menjaga dan merenovasi bangunan bersejarah ini agar tidak terbengkalai dan rusak begitu saja. Kita berharap dukungan dari semua pihak yang peduli dengan jasa dari para pejuang kita, tanpa melupakan jasa mereka.

BACA JUGA :  Cekcok Paspampres dan Petugas PPKM Darurat, hingga Aksi Balasan Geruduk Kantor Polisi

“Kegiatan ini akan dilanjutkan di Minggu depan, yaitu dengan menyambangi sejumlah keluarga Veteran dan kegiatan sosial lainnya menjelang Hari Kemerdekaan RI Ke-78 ini. Nanti kita akan laksanakan kegiatan berikutnya di lokasi yang berbeda. Mudah mudahan kita menemukan juga bukti perjuangan dulu yang menjadi saksi sejarah,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *