by

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Budidaya Terumbu Karang Laut

NASIONALXPOS.CO.ID, SAMBAS, KALBAR – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns bersama warga masyarakat melakukan budidaya terumbu karang laut dalam rangka melestarikan alam di Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Kotis Entikong, Kabupaten Sanggau pada Kamis (10/06/2021).

Penanaman terumbu karang ini sebagai bagian dari pembinaan potensi maritim untuk memulihkan ekosistem laut. Kegiatan ini membutuhkan kerjasama dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu agar masyarakat ikut bergabung bersama Satgas Pamtas untuk menyelamatkan Terumbu Karang di wilayah perairan Indonesia, Tegas Dansatgas.

“Terumbu karang memiliki banyak manfaat baik ikan di laut maupun bagi manusia diantaranya adalah sebagai habitat dan sumber makanan magi berbagai jenis makhluk hidup yang ada di lautan, pelindung bagi ekosistem yang ada disekitarnya, dapat mengurangi penyebab pemanasan global,” ujar Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Camar Bulan Sertu Dedi Januardi mengatakan upaya pelestarian budidaya terumbu karang ini sebagai bentuk kepedulian Satgas Pamtas dalam melestarikan ekosistem di laut dan disisi lain dapat mempererat tali silaturahmi dengan warga sekitar sehingga dapat di capai tujuan bersama untuk selalu menjaga kelestarian ekosistem laut.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh anggota pos Camar Bulan berjumlah 4 orang, warga masyarakat sekitar, Danpos AL Temajuk, personel dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar, Sekdes Temajuk, Ketua Karang Taruna Temajuk dan tenaga ahli bidang perikanan dan kelautan Provinsi Kalbar.

Ibu Yeni dari Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi sangat mengapresiasi kegiatan budidaya terumbu karang yang dilakukan oleh Satgas Pamtas bekerjasama dengan stakeholder setempat dan dibantu masyarakat yang bertujuan untuk melestarikan ekosistem laut.

Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut dengan kehadiran bapak-bapak TNI di wilayah ini sehingga bisa tetap selalu menjaga kelestarian biota laut dan juga ekosistem di laut. Ujar ibu Yeni. (EP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed