by

UPTD BLK Disnaker Pemprov Babel Gelar Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi

-Daerah-113 views

NASIONALXPOS,CO.ID.Pangkalpinang — Disnakertrans Pemprov Babel melalui UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) BLK (Balai Latihan Kerja), mengadakan pelatihan bersertifikat kompetensi yang digelar di Aula Gedung BLK Komplek Perkantoran Gubernur Airitam dan dibuka secara resmi oleh Wagub Babel Abdul Fatah, Rabu 12/07/2020.

Pelatihan tersebut diadakan guna mengakomodir jumlah tenaga kerja yang dinilai semakin hari semakin bertambah banyak. Sementara lapangan pekerjaan justru mengalami penyusutan, apalagi di masa Pandemi Covid 19 yang belum usai.

Menurut keterangan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Harry saat ditemui di kantornya, Ia mengatakan bahwa program pelatihan ini rutin dilaksanakan per periode, dan merupakan salah satu solusi dari pihaknya dalam memecahkan problematika ketenagakerjaan di lingkup Provinsi Babel.

“Dan ini merupakan salah satu indikator dari kinerja Disnakertrans, disamping kami terus mengupayakan keberhasilan tiga program seperti program Pelatihan, Pemagangan, dan program Penempatan tenaga kerja antar daerah dan antar negara,” kata Kadisnaker.

Sementara itu, Kepala UPTD BLK Disnakertrans, Oyon Rio Ricardo, SE melalui Kasi Pemasaran UPTD BLK, Dani ketika diwawancarai di kantornya, Ia menguraikan bahwa sesungguhnya program pelatihan yang didanai dari APBN dan APBD ini sudah berlangsung sejak lama. Namun demikian, pihaknya merasa perlu untuk menjelaskan kepada para pembaca, agar mengetahui mekanisme program pelatihan tersebut.

“Program ini sudah lama sebenarnya, walau disini baru dari tahun 2013. Tapi, karena keterbatasan anggaran, maka program ini meski terlihat membludak yang mendaftar akhirnya dapat disaksikan sendiri, ada 176 orang dalam 11 paket program pelatihan yang ikut dalam program selama 24 hari,” ungkapnya.

Dani sebut, pihaknya dalam pelatihan selain memberikan modul pelatihan yang lengkap bagi para peserta, juga dibekali dengan peran instruktur handal yang notabene adalah ASN yang khusus dididik di bidangnya masing-masing.

“Beda dengan program lain, ketika misalnya ada seorang lulusan SMK negeri berkompetisi dengan kawannya yang setara, namun saat siswa mendapat sertifikat dari BLK maka biasanya nilai jualnya lebih tinggi,” tandas Dani. (T02/*LH)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed