Daerah

Wujud Syukur Desa Adat Beraban dalam Upacara Pujawali

432
×

Wujud Syukur Desa Adat Beraban dalam Upacara Pujawali

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, TABANAN —Sebagai wujud rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa atas Asungkertha waranugrahaNya , selaku umat manusia yang telah diberikan kehidupan, kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan, sepatutnya manusia menghaturkan sembah sujud bhakti kepada Tuhan/Ida Sanghyang Widhi Wasa. Menurut kepercayaan umat Hindu di Bali, ungkapan rasa syukur ini dilaksanakan oleh masyarakat Desa Adat Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan dengan melakukan persembahyangan dalam upacara Pujawali/Odalan, di Pura Dalem Desa Beraban, Kediri, Tabanan. Jumat, (1/9/2023).

BACA JUGA :  Hari Lahir Koperasi ke 76 Dinas KUKM dan Perindag Bungo Gelar Berbagai Kegiatan, Wabup Hadiri Pembukaan

Jero Bendesa Adat Beraban I Made Sumawa, mengatakan bahwa pelaksanaan upacara Pujawali berlangsung dari pagi hingga malam, karena pemedek cukup banyak pelaksanaan persembahyangan berlangsung selama 1 hari, selain masyarakat Desa Adat Beraban yang turut melakukan persembahyangan adalah para pengempon Pura, pelaksanaan upacara Pujawali dipuput oleh Ida Rsi Bujangga Pawitra, Geria Batan Poh, Nyitdah.

Advertisement

Lebih lanjut, kata Made Sumawa, dalam pelaksanaan pengamanan kegiatan dilakukan oleh Pecalang Desa Adat Beraban, dengan menugaskan sebanyak 45 pecalang yang personilnya diambil dari masing-masing 15 Banjar Adat se Desa Adat Beraban.

“Pengamanan ini juga kami lakukan bersama sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Beraban. Demikian juga dengan areal parkir untuk para pemedek telah kami siapkan di jalan pinggir lapangan umum Desa Adat Beraban. Astungkara selama pelaksanaan upacara Pujawali berlangsung dengan aman,” ucap I Made Sumawa.

“upacara Pujawali ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali sesuai dengan kalender Bali, dan pelaksanaannya saat ini merupakan upacara Pujawali rutin,” tutup Jero Bendesa Adat Beraban. (Amir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *