by

Asita Sulut Hargai Akan Bantu Promosikan Karya Lukisan Daerah

-Daerah, Nasional-164 views

 

NASIONALXPOS.CO.ID MANADO – Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulut Merry Karouwan saat diwawancarai NX saat selesai ikut pembukaan karya mereka,” kata Merry di sela-sela Pembukaan Pameran Lukis Koleksi Museum dan Pelukis Sulut 2020, menjelaskan menghargai karya lukis para seniman Sulut dengan cara mempromosikannya melalui jaringan ASITA.
“Salah satu cara menghargai karya lukis para pelukis kita di Sulut yakni ASITA akan mempromosikan karya-karya mereka,” kata Merry di sela-sela Pembukaan Pameran Lukis Koleksi Museum dan Pelukis Sulut 2020 di Aula Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Rabu (29/07/2020).

Dia pun menambahkan, ASITA dengan jaringan memiliki tanggung jawab untuk mengangkat sektor Pariwisata Sulut, termasuk di dalamnya lukisan-lukisan buah karya para seniman di Sulut.
“Karena bagi kami, sebuah hasil karya lukis memiliki nilai seni yang tinggi dan tidak bisa dinilai dengan uang. Buah karya tangan para pelukis ini memang patut kita hargai,” ujar Ketua ASITA Sulut ini.
Ia pun optimis, seiring dengan kondisi adaptasi kebiasaan baru dan menurunnya Covid-19, dunia pariwisata akan kembali bergairah, sehingga promosi-promosi terhadap keunggulan daerah seperti hasil karya lukis seniman Sulut makin gencar dilakukan ASITA.
“Saya optimis dunia pariwisata akan kembali bergairah, dan karya-karya lukis yang akan diikutsertakan seperti di Pameran Lukis akan menjadi salah satu daya tarik. Lalu iven pameran lukisan seperti ini, harus memang dibuat sebagai bagian promosi hasil karya seniman daerah,” ungkap Merry.

Merry Karouwan dengan ASITA Sulut merupakan salah satu penggerak dan pendorong pengembangan Destynasi sektor pariwisata di Sulut. Selain itu, dia dan jaringannya gencar melakukan promosi dan Event terkait potensi daerah Sulut yang unik sebagai daya tarik Wisata.

Ketua Presidium Sanggar Seni Budaya dan Adat WIRABUDAYA Sulut Tonaas muda Tevri Ngantung.SE Menaruh perhatian dan harapan sangat besar kepada atas para pelukis yang masih terlihat semangat melukis berkarya dimasa pandemi ini, “ saya akui karya lukis yang di tampilkan dipameran yang di gelar Dinas kebudayaan Sulut terutama Pimpinannya yang sangat bersemangat gelar giat dalam rangka pemajuan kebudayaan sesuai UU nomor 5 thn 2017 dan Disbud patut diacungi jempol karena majunya Kebudayaan daerah dilihat dari sisi pemimpin yang punya keteladan”.Ungkap Tonaas Ngantung seorang penggiat Budayawan.

Sisi lain Ari Tulus, salah satu pelukis Asal Tomohon yang ikut menampilkan hasil karyanya, menyampaikan rasa gembiranya sekaligus memberi apresiasi Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi yang menggelar Pameran Lukis 2020.
“Saya senang dan gembira. Sebagai seorang pelukis, yang ikut sertakan hasil karya di Pameran seperti ini, tentunya sudah luar biasa apalagi di masa pandemi Covid-19,” ungkap John, pelukis kelahiran Manado.
Diapun berharap, Dinas Kebudayaan Daerah dengan mitra kerja dapat melanjutkan iven seperti ini, selain menjadi daya tarik wisata budaya dan seni, akan tetapi dapat membantu para seniman lukis menjual hasil karyanya.

( TENG)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed