by

Bupati Serahkan Bantuan, Saat Verifikasi Proklim di Desa Mrenek Maos

-Daerah-451 views

Cilacap- Desa Mrenek Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap verifikasi Proklim tingkat nasional. Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GKR serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang sudah dilakukan yang bisa meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah, hal tersebut dikatakan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat melakukan kunjungan kerja di Desa Mrenek Kecamatan Maos, Kamis (10/9/2020).

“Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, ” kata Bupati.

Dalam peraturan Menteri tersebut juga disinggung bahwa Proklim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah adminiatrasi paling rendah setingkat RT atau Dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa, beber Bupati.

Porklim
Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji

“Saya sangat bersyukur bahwa Desa Mrenek Kecamatan Maos bisa turut serta dalam lomba Porklim tingkat nasional, dan hari ini sedang silakukan verifikasi oleh pusat, ” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, bahwa dirinya akan mengawal bagi Desa yang mengikuti lomba Porklim sampai ke tingkat nasional.

Dalam kesempapatan tersebut, Bupati juga memberikan bantuan Thermogun kepada Takmir Masjid, Gerobak Motor dan Gerobak yang langsung diberikan kepada pemerihtah Desa Mrenek.

Porklim
Bupati Serahkan Bantuan Gerobak Motor Kepala Kepala Desa Mrenek Bustanul Arifin

Sementra Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap, Awaludin Murri, A.P, MM menyampaikan bahwa di Kabupaten Cialacap ada sebanyak tiga Desa yang mengikuti lomba Porklim tingkat nasional, yakni Desa Mrenek Kecamatan Maos, Kelurahan Kebon Manis dan Kampung Laut, jelas Awaludin.

“Kami sangat berhatap, kita bisa meraih kemenangan yang sesuai dengan harapan kita semua, ” pungkas Awaludin.

Dalam kegiatan Verifikasi tersebut diikuti juga oleh Camat Maos Bintang Dwi Cahyono, A.P, MM, Kapolsek Maos Iptu. Iwan dan Damramil Maos. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed