by

Danlantamal VIII Ikuti Rakernispomar TNI AL 2021 Secara Virtual

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO– Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., mengikuti Rapat Kerja Teknis Potensi Maritim (Rakernispotmar) secara virtual di Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Manado, Kamis (25/02/2021).

Kegiatan Rakernispotmar Tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh jajaran Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lantamal dan Lanal di jajaran TNI Angkatan laut ini mengangkat tema “Melalui Rakor dan Rakernis Potmar, kita wujudkan insan Potmar yang profesional, tangguh dan dicintai rakyat guna mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI.”

Para peserta dengan hikmat mengikuti arahan yang disampaikan oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, Mayor Jenderal TNI (Mar) Dwi Purwanto Widodo dari Mabesal, Cilangkap-Jakarta Timur.

Aspotmar berharap, melalui Rakor dan Rakernis ini dapat merumuskan kerangka kebijakan pembinaan potensi maritim yang tepat guna dan berhasil guna, yaitu yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sesuai yang diharapkan oleh TNI AL guna mendukung terwujudnya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Beberapa penekanan disampaikan Aspotmar diantaranya mengoptimalkan peran Babinpotmar pada masa pandemic covid-19 dengan melibatkannya dalam operasi pendisiplinan protokol kesehatan, PPKM Mikro dan tracer covid-19. Selain itu agar jajaran Spotmar tetap melaksanakan program ketahanan pangan terutama dengan memanfaatkan lahan tidur yang belum digarap.

Aspotmar juga mengarahkan agar Satkowil berkoordinasi dan mensosialisasikan rencana pembentukan Kampung Bahari kepada Dinas setempat terkait klaster edukasi, ekonomi, kesehatan dan pariwisata serta bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat, akademisi dan media di wilayah masing-masing.

Hadir pada kegiatan vicon dalam rangka Rakernispotmar Tahun 2021 di Ruang Kendali Utama Mako Lantamal VIII diantaranya Aspotmar Danlantamal VIII, Kadispotmar Lantamal VIII dan Perwira Staf Potmar Lantamal VIII.   (***/Frankie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed