Daerah

Gempa berkekuatan 5.6 Skala Richter Guncang Cianjur

2254
×

Gempa berkekuatan 5.6 Skala Richter Guncang Cianjur

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, CIANJUR
Gempa berkekuatan 5.6 skala Richter mengguncang Cianjur, jawa barat, hingga memakan korban jiwa sebanyak 46 orang serta membuat kerusakan sarana dan prasana cukup berat. Dari data BMKG, gempa yang terjadi senin, (21/11/2022) pukul 13.21 wib, getaran gempa dirasakan hingga Tangerang Selatan.

BACA JUGA :  Timur Laut Konda Konsel Sultra Diguncang Gempa M=2.6

Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berlokasi di titik koordinat 6,86 lintang selatan (LS), dan 107,05 Bujur Timur (BT)

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Pusat gempa berada di darat atau 10 km barat daya Cianjur, sementara kedalam gempa berada di 10 km,” tulis BMKG, senin, (21/11).

Gempa Cianjur, berkekuatan 5,6 skala Richter, tidak berpotensi tsunami.
Foto: Ist

Wilayah gempa dirasakan dengan skala MMI V di Cianjur, kemudian skala MMI IV-V di Garut, Sukabumi. Sementara skala MMI III dirasakan di Cimahi, Lembang kota, Bandung, Cikalong wetan, Bogor Rangkasbitung, dan Bayah. Untuk MMI level II dirasakan di wilayah Depok, DKI Jakarta, dan Tangerang selatan.

Kepala BMKG Dwikora Karnawati mengungkapkan bahwa gempa terjadi karena pergeseran dari sesar Cimandiri yang bergerak kembali, dan menghimbau agar masyarakat dapat berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. (Uchan)