TNI & Polri

Lestarikan Lingkungan, Polisi Tanam Pohon di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

429
×

Lestarikan Lingkungan, Polisi Tanam Pohon di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO – Polda Sulawesi Utara bersama Polresta Manado menggelar aksi penanaman pohon di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Jumat (18/8/2023).

Aksi penanaman bibit pohon ini dipimpin oleh Karo SDM Polda Sulut Kombes Pol Ari Wahyu Widodo bersama Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P. Sirait, diikuti personel Polri.

Advertisement

Menurut Karo SDM, kegiatan tersebut merupakan gagasan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup, dalam rangka HUT ke-78 RI dan HUT ke-75 Polwan.

BACA JUGA :  Polres Badung Ikuti Apel Pasukan Gabungan Operasi Lilin Agung 2022 di Renon

“Ini adalah program “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”, yang merupakan gagasan Kapolri sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup,” katanya.

Kegiatan ini katanya sebagai contoh aksi nyata dari Polri khususnya Polda Sulut dan Polresta Manado dalam rangka gerakan revolusi mental dengan melaksanakan penanaman pohon di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa.

BACA JUGA :  Polsek Pamarayan Polres Serang Monitoring Ketersedian Minyak Goreng

Penanaman pohon lanjutnya, memiliki banyak manfaat seperti mengatasi masalah banjir, serta mengurangi ancaman pemanasan global.

“Alam akan mencari keseimbangannya sendiri apabila kita merusaknya. Sudah banyak contoh daerah yang digali, ditambang, tanaman ditebang, itu alam akan mencari keseimbangan, tidak bisa menahan air, tidak bisa menahan tanah, akhirnya terjadi bencana,” pesan Karo SDM.

Oleh karena itu ia mengingatkan agar seluruh personel Polri bisa memelopori itu.

BACA JUGA :  Polres Melawi Gelar Upacara Virtual Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke - 75 Tahun 2021

“Tugas kita sebagai polisi harus bisa mengendalikan, tugas kita mengkoordinir untuk bisa menyeimbangkan alam ini. Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” imbuhnya.

Ia juga berharap kegiatan ini bisa dilakukan oleh setiap warga, sehingga bermanfaat bagi kelestarian dan keseimbangan alam.

(*Jefry Kandouw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *