by

Menaker Apresiasi Pemda yang Ingin Dirikan UPTP BLK Tingkatkan Sumber Daya Manusia

NASIONALXPOS.CO.ID, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda), termasuk Pemda Kubu Raya dan Majene yang akan mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menurunkan angka pengangguran.

“Kami sangat senang dengan Bupati Kubu Raya dan Bupati Majene yang memiliki perhatian untuk peningkatan kompetensi SDM melalui BLK,” tutur Ida saat menerima audiensi Bupati Kubu Raya dan Bupati Majene secara terpisah di kantor Kemnaker Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Ida mengatakan, peningkatan kompetensi SDM menjadi syarat mutlak agar dapat bersaing di pasar kerja, apalagi Indonesia akan mengalami bonus demografi. “Tetapi peningkatan kompetensi SDM dalam kejuruan di BLK harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing,” kata Ida.

Ida berharap, pembangunan BLK UPTP di kedua daerah tersebut dapat berjalan dengan lancar. “Jika terdapat kendala, Kemnaker terbuka untuk diajak membahas segala yang diperlukan,” ucap Ida.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan BLK UPTP dengan kejuruan agrobisnis, pertanian, perikanan, dan peternakan.

Dengan adanya BLK UPTP, Muda Mahendrawan berharap kompetensi SDM warganya menjadi meningkat, dan keterampilannya dapat diaplikasikan untuk membangun daerahnya. “Dengan berbagai kejuruan itu, nantinya diharapkan berdampak pada peningkatan produk-produk UMKM,” kata Muda Mahendrawan.

Disisi lain Bupati Majene, Lukman menyatakan, selama ini BLK UPTD yang ada di daerahnya berjalan cukup baik. Namun dalam upaya peningkatan kapasitas BLK, ia mengharapakan status BLK Majene dinaikkan dari UPTD menjadi UPTP.

Ia pun mengaku siap menyiapkan berbagai persyaratan dan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk peningkatan BLK dari UPTD ke UPTP.

Adapun terkait program kejuruan yang ada di BLK Majene saat ini adalah listrik, otomotif (service motor), menjahit, dan servis AC (refrigerator). Nantinya jika sudah menjadi BLK UPTP, pihaknya akan menambah kejuruan, sehingga mencapai 10 (sepuluh) kejuruan.

(Rusli)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed