NasionalTNI & Polri

Prajurit Jajaran Kodim 0420/Sarko Terima Pembekalan Teknik Pencegahan Karhutla

264
×

Prajurit Jajaran Kodim 0420/Sarko Terima Pembekalan Teknik Pencegahan Karhutla

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SARKO – Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, usai upacara bendera merah putih. Prajurit Kodim 0420/Sarko yang menjabat Babinsa menerima pembekalan Teknik pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Aula Makodim 0420/Sarko, Senin (31/07/2023).

Dalam keterangannya, Kasim 0420/Sarko Mayor Inf Usman S.A.g., M.P menjelaskan, pagi ini kami menggundang kembali Maggala Agni Daops Sumatera XIII untuk memberikan pengalaman dan teknik penggunaan avenza maps di handphone masing-masing.

Advertisement

“Teknik dan cara penggunaan avenza maps ini bertujuan untuk melihat serta memonitor hotspot titik api,” katanya.

BACA JUGA :  Implementasi Program Gesek Kapolsek Kubu Bantu Warga 

Lanjutnya, tekhnik ini sangat berguna dan bermanfaat bagi para Babinsa Kodim 0420/Sarko untuk mendukung pelaksanaan tugas di wilayah dalam upaya pencegahan dan upaya panggulangan Karhutla.

“Masing-masing handphone Babinsa sudah di instal aplikasi tersebut, sehingga sangat berguna sekali memonitor titik api di wilayah-wilayah binaan territorial yang menjadi wilayah tanggung jawabnya,” jelasnya.

Lettu Inf Hengki Perwira Seksi Operasional (Pasi Ops) Kodim 0420/Sarko yang mendampingi tim Manggala Agni Daops Sumatera XIII memberikan/sharing teknik pengoperasian avenza maps, ungkap Kasdim.

BACA JUGA :  Vaksinasi di NTB, Kapolri Minta Forkopimda Kendalikan Laju Covid-19 untuk Sukseskan Event Internasional

Upaya-upaya pencegahan Karhutla di Merangin dan Sarolangun Provinsi Jambi oleh Kodim 0420/Sarko Korem 042/Gapu Kodam II/Sriwijaya sudah berjalan selama ini melalui peran aktif Babinsa dengan pihak terkait lainnya di wilayah seperti patrol Bersama menyusuri hutan dan perkebunan, himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat berkaitan upaya pencegahan karhutla, dan mengikuti berbagai pelatihan dalam pencegahan dan memonitor titik-titik api.

BACA JUGA :  Tingkatkan Disiplin dan Keamanan Berkendara, Prajurit Bersama Persit Yonarmed 15/105 Chailendra Buat SIM

Dikesempatan yang sama, Kepala Daops Manggala Agni Sumatera XIII M. Hakim menuturkan, ada dua orang personil kami yang di hadirkan di Kodim 0420/Sarko untuk salaing berbagai Teknik penggunaan avenza maps hotspot api.

“Perlu diketahui juga bahwa selama ini kami Manggala Agni juga selalu bersama-sama dalam patroli. Tidak asing lagi TNI dengan Manggala Agni terus berbuat dalam pencegahan karhutla di wilayah. Kami mengapresiasi keseriusan dan keterlibatan Kodim 0420/Sarko dalam gerakan aktif pencegahan karhutla,” ungkap Hakim. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *