Scroll Untuk Baca Berita
Politik

Senator DPD RI Kembali Lebarkan Sayap Politik di Maluku Utara, Berikut Profil Singkat Abdurrahman Lahabato

310
×

Senator DPD RI Kembali Lebarkan Sayap Politik di Maluku Utara, Berikut Profil Singkat Abdurrahman Lahabato

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID,TERNATE- Senator DPD RI Daerah pemilihan Maluku Utara. Abdurrahman Lahabto kembali berkunjung ke Maluku Utara, mantan Wartawan senior RCTI Tahun 1993-2004 itu kembali melebarkan sayap politik di Daerah Pemilihannya di Maluku Utara, setelah dua periode menjabat Anggota DPD RI dengan posisi strategis sebagai alat kelengkapan DPD RI membidangi APBN untuk mendorong Pemerintah meningkatkan transfer anggaran APBN ke Daerah.

Kebutulan berpapasan disebuah kapal Ferry tujuan Sofifi belum lama ini, Senator besutan partai Amien Rais ini bersama tim berencana menuju ke Kabupaten Halmahera Timur, dalam diskusi ringan tersebut ko Man Sapan akrab Abdurrahman Lahabto siap kembali bertarung untuk meraih 1 kursi DPD RI Dapil Maluku Utara.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Insyaallah setelah kita keliling Haltim, Halut balik ke Halteng bru kita masuk Oba wilayah Tikep,” ujar Ko Man saat berpamitan kepada dua Wartawan di atas kapal Fery yang hendak  menaiki mobil.

BACA JUGA :  Hari ini Anies Baswedan Kunjungi Sumbar, Berikut Agenda Kampanye AMIN ke-37

Pengalaman Abdurrahman Lahabato tidak perlu diragukan, sejak mahasiswa Abdurrahman Lahabato sudah memilih profesi sebagai jurnalis koran kampus dan jurnalis lepas salah satu koran ternama di kota Makasar waktu itu, resmi diangkat sebagai wartawan dan ditempatkan di Ambon Provinsi Maluku, untuk sekaligus memperkuat jajaran redaksi anak perusahaan Pos Maluku binaan persada Kompas. Tahun 1993 dipercayakan stasiun tv swasta pertama RCTI/SCTV untuk menjadi reporter sekaligus kameramen wilayah liputan Provinsi Maluku.

Sepanjang karir sebagai wartawan tv lah Abdurrahman mengalami kekerasan terhadap Wartawan, dalam skenario lakalantas dan mengalami cerda kaki kanan. Tahun 1999 menerbitkan koran harian pertama di provinsi Maluku Utara Ternate Pos dan Kini berevolusi menjadi Media Online MalutSatu.com. Tahun 2000 ia melebarkan sayap bisnis dengan mengakuisisi sebuah perusahaan konstruksi PT. Hasta Multi Teknik dan ia pun mendiversifikasi bisnisnya dari media masa ke konstruksi.

Berikut profil singkat Abdurrahmn Lahabato. Abdurrahman Lahabato lahir di Tidore Maluku Utara 21 Mei 1967 studi SD sampai SMP di Halmahera. SLTA di Kota Ternate Sarja S1 di Makasar 1991 semasa studi S1 ia sudah aktif sebagai pengelolah koran kampus. Suami dari Mulyati Tatuhey itu dikaruni 2 orang putri  bernama Citra Humairah dan Nurul Qamaliah.

BACA JUGA :  Gerindra Pasar Kemis: Wawasan Kebangsaan Aktualisasi Nilai Kebhinekaan

Saat ini Abdurrahman Lahabato menjabat sebagai Ketua DPD Asosiasi pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Maluku Utara dan sebagai Kaders partai Amanat Nasional (PAN), Abdurrahman tercatat sebagai seorang pengusaha dan politikus menjabat sebagai Anggota DPD RI dua periode Senator Indonesia. Di DPD RI Periode 2014-2019 dipercayakan wakil ketua badan kerjasama Pariemen (BKSP). Abdurrahman hobi otomotif dan traveling di berbagai Negara dan Daerah senang berguru kepada orang-orang sukses dan berprestasi dalam berbagai bidang disiplin ilmu.

Karir Abdurrahman Lahabto. Tahun 1993-2004 sebagai Wartawan RCTI, tahun 1999-2007 sebagai pimpinan umum/pimpinan redaksi Harian Ternate Pos, tahun 2000 Dirut PT. Hasta Multi Teknik, tahun 2004 Wakil Ketua Kadin Maluku Utara, tahun 2011 Wakil bidang Kadin pusat, tahun 2021-2026 Wakil Ketua pembina Apindo Maluku Utara, tahun 2022-2027 Wakil ketua MPO, MPW Pemuda Pancasila Provinsi Maluku Utara.

BACA JUGA :  Nisrina Salsabila Bacaleg DPRD Kabupaten Serang Berikan Santunan Rutin Kepada 40 Anak Yatim Piatu

Pada pemilu 2009 Abdurrahman memenangkan 1 dari 4 kursi senator DPD RI Daerah pemilihan Maluku Utara setelah dilantik ia memilih dialat kelengkapan DPD RI yang membidangi APBN untuk mendorong pemerintah meningkatkan transfer anggaran APBN ke Daerah. Tahun 2014 Abdurrahman terpilih lagi sebagai senator periode ke dua di Daerah pemilihan yang sama. Usai pemilu 2019 ia menetapkan pilihan politik baru. Bergabung dipartai Amanat Nasional, dan karena jejak rekam sebagai pengusaha sekaligus sebagai politisi itu, maka pada pemilu 2024 Ketua PAN Julkifli Hasan mempercayainya untuk raih 1 kursi DPR-RI Daerah Pemilihan Maluku Utara, olehnya ia meminta doa dan dukungan masyarakat Maluku Utara untuk meraih kembali 1 kursi di Dapil Maluku Utara,” Harap Abdurrahman. (Maun).