by

Telah Resmi Dermaga Rakyat atau Pelabuhan Wanci, Bupati Wakatobi Yakin PAD Meningkat

NASIONALXPOS.CO.ID, WAKATOBI, SULTRA – Dermaga Rakyat di Kecamatan Wangi-wangi, akhirnya diresmikan penggunaannya oleh Bupati Wakatobi, H Arhawi, Selasa (22/06/2021). Dermaga yang pembangunannya dimulai sejak 2019 itu, diyakini akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wakatobi ke depan.

Terlebih lagi, dermaga rakyat wanci merupakan satu-satunya dermaga yang ada di Kecamatan wangi-wangi, yang bisa merespon kebutuhan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Wanci-Baubau, Wanci-Lasalimu dan Wanci-Kendari dari transportasi laut.

Hari ini kita telah bangun dermaga rakyat wanci dengan sangat luar biasa dan di harapkan akan ada Feedback kepada daerah untuk meningkatkan PAD Kabupaten Wakatobi,” ujar H Arhawi.

Menurutnya, dermaga rakyat wanci juga merupakan salah satu jawaban dari permintaan anggota DPRD kabupaten Wakatobi, di setiap pembahasan anggaran untuk PAD wakatobi di tingkatkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubunga Kabupaten Wakatobi, Hariadin menyatakan adanya pembangunan dermaga rakyat ini dilaksanakan selama tiga tahap, dan bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi.

“Tahap pertama tahun 2019 sebesar Rp. 5.940.000.000,- tahun 2020 sebesar Rp. 5.525.700.000,- dan tahun 2021 yang tersedia dalam pagu anggaran sebesar Rp. 6 Miliar lebih dan dalam proses tender,” ungkapnya.

Dermaga rakyat dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang ke pelabuhanan seperti dermaga sandar (trestel) kontruksi tiang baja, lapangan parkir, ruang tunggu, lampu penerangan (sollar Cell), air bersih (PDAM), Toilet, Listrik PLN dan Barrier gate/portal eletronik.

#SultraNandha87

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed