by

Warga Desa Madura Kerjabakti Keruk Lumpur Irigasi Cipicung

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP- Dangkalnya saluran Irigasi Cipicung yang terletak di Dusun Purwasari Desa Madura Kecamatan Wanareja Cilacap mengakibatkan tergangunya pasokan air ke persawahan petani.

Dengan kondisi tersebut, warga dari dua dusun, yakni Dusun Purwasari dan Dusun Karanganyar melakukan kerjabakti untuk menormalisasi saluran irigasi tersebut, dengan ketebalan lumpur mulai dari 80 cm samapai dengan 1 meter, Minggu (2/5/2021).

Kepala Desa Madura: Nursidik

Dikatakan Kepala Desa Madura, Nursidik yang ikut serta dalam kerjabakti itu, bahwa irigasi Cipicung mengalami pendangkalan akibat penimbunan lumur.

“Pasokan air ke persawahan jadi terganggu dan tidak maksimal, makanya kita warga berinisiatif melakukan pengerukan lumpur tersebut secara swadaya, ” terang Nursidik.

Masyarakat Desa Madura menyampaikan harapanya kepada dinas terkait yakni Dinas PSDA Kabupaten Cilacap agar bisa secepatnya menormalisasi saluran irigasi tersebut, hal tersebut disampaikan Koswara salah seorang warga.

Dengan adanya kegiatan kerjabakti tersebut, diharapkan pemerintah Kabupaten Cilacap bisa merespon dan menindak lanjuti keluahan masyarakat terutama para petani yang memiliki sawah disekitar aliran Irigasi Cipicung. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed