by

Wawako dan Kapolres Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Karhutla

NASIONALXPOS.CO.ID LUBUKLINGGAU – Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menghadiri apel kesiapsiagaan menghadapi karhutla dan bencana alam di Halaman Mapolres Kota Lubuklinggau, Kamis (25/02/2021).

Upacara dipimpin Kapolres Lubuklinggau, AKBP Nuryono. Dalam arahannya Kapolres menyampaikan apel kesiapsiagaan menghadapai karhutla dan bencana alam ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Apalagi saat ini, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, curah hujan terus meningkat.

Menurutnya, dalam seminggu terakhir, telah sembilan kali terjadi musibah banjir diberbagai provinsi. “Khusus di wilayah Kota Lubuklinggau, curah hujan juga masih tinggi dimana debit air sungai meningkat walaupun belum terjadi banjir, tetapi kita selalu siap siaga dalam penanggulan banjir,” ucapnya.

Dikatakan Kapolres, presiden telah memerintahkan agar mencari solusi mengenai pencegahan kebakaran hutan. Jangan biarkan titik api menjadi besar dan langkah hukum dilakukan dengan tegas apabila ada pembakaran hutan. Tterkait fenomena banjir perlu ada keterpaduan semua pihak dimana TNI dan Polri selalu siap sedia.

Kapolres berpesan untuk menyiapkan prasarana seperti perahu karet, ambulance, menyediakan pelayanan kesehatan, alat pemadam api dan alat-alat lain untuk penanggulangan bencana.

Kemudian perlu ada sinergitas antar instansi dan selalu sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan membuang sampah pada tempatnya agar terhindar dari bencana alam. “ Semoga upaya yang dilakukan ini memberikan berkontribusi positif,” pungkasnya.

 

ALFIRMANSYAH RN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed