Daerah

Aktivis Minta Pemkot Imbau Gunakan Air Jogja Perumda Tirtamarta

202
×

Aktivis Minta Pemkot Imbau Gunakan Air Jogja Perumda Tirtamarta

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, YOGYAKARTA – Setelah Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Rini Hapsari meminta Pemko Yogyakarta terbitkan regulasi tentang kewajiban penggunaan produk Perumda Tirtamarta Air Jogja, kini desakan itu muncul dari salah seorang aktivis Sedulur Nyamplung Nusantara, Yudi Santosa.

Menurut Yudi, secara pribadi dirinya setuju dilakukannya imbauan serta regulasi yang menekankan penggunaan air minum milik Perumda itu.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Saya pribadi setuju saja kalau Pemkot Yogya membuat edaran atau minimal himbauan kepada instansi-instansi Pemkot mengkonsumsi Air Jogja sebagai ketersediaan air minum di kantornya atau unit pelayanan publiknya,” Ujar Yudi, Selasa (21/5/2024).

Yudi meminta PDAM Tirtamarta juga berekspansi di luar daerah DIY.

“Untuk menstimulus apa yang sudah dikerjakan oleh PDAM Tirtamarta. Namun ke depan juga harus didorong agar Tirtamarta lebih bisa berkompetisi minimal propinsi DIY, luar DIY bahkan ke skala nasional,” Katanya.
Yuda meminta Pemerintah memperhatikan serta menjaga sumber air yang menjadi bahan baku produksi Perumda Tirtamarta.

“Untuk selanjutnya juga perlu diperhatikan sumber-sumber daya air yang menjadi bahan baku produksi ini, agar keseimbangan lingkungannya tidak terganggu karena air merupakan kebutuhan paling pokok bagi setiap orang,” Urainya.

“Jadi awal boleh distimulus oleh Pemkot Yogyakarta, agar birokrasi menggunakan produk lokal. Tetapi untuk selanjutnya PDAM Tirtamarta harus mampu berkompetisi di tingkat regional maupun nasional. Jadi stimulus itu jangan selamanya. Nanti BUMD kita akan jadi anak manja. Seperti permasalahan BUMN kita selama ini,” Pungkasnya.

BACA JUGA :  Hadiri Penyerahan Sertifikat Program PTSL Maulan Aklil: Terima kasih BPN