Nasional

Beredar Isu Tak Sedap di Pelantikan Pj Walikota dan Bupati, Pj Gubernur Sumut: Ini Keberlanjutan Sistem Pemerintahan

375
×

Beredar Isu Tak Sedap di Pelantikan Pj Walikota dan Bupati, Pj Gubernur Sumut: Ini Keberlanjutan Sistem Pemerintahan

Sebarkan artikel ini
Ket: Foto Prosesi Pelantikan Oleh Pj. Gubsu

NASIONALXPOS.CO.ID, MEDAN – Berakhir sudah masa tugas Pj. Walikota Padang Sidempuan dr. Letnan Dalimunthe SKM MKes. Terhitung kurang lebih 9 (sembilan) bulan masa tugasnya sejak dilantik 29/09/2023 hingga berakhir rabu 19/06/2024.

Hal ini ditandai dengan berlangsungnya serah terima jabatan sekaligus posesi pelantikan yang berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (19/6/2024).

Advertisement

Diketahui, dr. Letnan Dalimunthe SKM M.Kes digantikan oleh Tumanggor S.Sos MAP menjadi Pj. Walikota Padang Sidempuan yang sebelumnya adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang.

Selain itu Pj. Gubernur Sumatera Utara juga melantik Pj. Bupati Kabupaten Padang Lawas Ir. Ardan Noor MM dan Pj. Bupati Kabupaten Batu Bara Heri Wahyudi M SSTP MAP.

BACA JUGA :  Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Bupati Ajak Tenaga Pendidik Tingkatkan Mutu Pendidikan

Dari prosesi dan pelantikan beberapa Pj Bupati dan Walikota tersebut menimbulkan asumsi dan opini di kalangan warga masyarakat terkait adanya pelantikan Pj mengganti Pj.

Salah seorang aktivis pergerakan yang juga Ketua DPW Team Organisasi Libas Sumut ketika ditemui awak media, Rabu (19/06/2024), menyatakan pendapatnya terkait pelantikan Penjabat menggantikan Penjabat tersebut.

“Sebagai putra asli Tapanuli Bagian Selatan kita berharap mudah-mudahan pergantian ini membawa nuansa baru yang lebih baik kedepannya bagi kepentingan masyarakat, dan harapan kita bagi Penjabat yang baru dilantik khususnya di Kota Padang Sidempuan dapat segera mewujudkan dan membawa kota Padang Sidempuan kearah yang lebih baik dan maju, “ujarnya.

Lanjutnya, kita tidak ingin para Penjabat yang baru dilantik membawa suatu kepentingan seperti asumsi ataupun opini yang berkembang saat ini hanya untuk mempermudah salah satu balon yang akan mengikuti kontestasi pilkada dalam waktu dekat in..

Senada dengan itu Pj. Gubernur Sumatera Utara dalam keterangannya seusai acara pelantikan juga menyatakan bahwa pergantian dan pelantikan Penjabat yang baru tersebut adalah penugasan dari pemerintah sesuai dengan kepentingan yang ada.

“Pj. Bupati Padang Lawas itu digantikan karena promosi jabatan, beliau naik menjadi Deputi eselon satu, sehingga dia sudah bisa malah menjadi penjabat gubernur. Terkait Pj. Walikota Padang Sidempuan Pak Letnan Dalimunthe mungkin ada kepentingan yang lain atau karena dia ada penugasan yang lain, termasuk juga Penjabat Batu Bara ada kepentingan dan penugasan di tempat lain, “ucapnya.

Secara tegas Pj. Gubernur Sumatera Utara juga menyampaikan ini adalah kebutuhan masyarakat dan keberlanjutan pemerintahan. Saya ulangi tidak ada istilah-istilah yang disebutkan demikian, ini adalah kelanjutan dari sistem pemerintahan.

“Tidak ada istilah yang kita menjadi dasar hal demikian. Ini adalah suatu sistem. Pemerintahan ini sudah mengalir, sudah suatu sistem, siapapun orangnya, siapapun ini sudah tertata dengan baik, apalagi pada saat sekarang di manapun, kita lihat di tingkat kementerian, di tingkat pemerintahan, di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Af Nst

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *