Daerah

Curah Hujan Tinggi, Suhatri Bur Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrim

430
×

Curah Hujan Tinggi, Suhatri Bur Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrim

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, PADANG PARIAMAN – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan longsor.

Hal ini menyusul terjadinya hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah Padang Pariaman dan sekitarnya sejak selasa sore hingga hari ini, Rabu (03/01/2024).

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Kami menghimbau kepada seluruh warga Padang Pariaman untuk selalu waspada terhadap potensi bencana banjir dan longsor, jika terjadi tanda-tanda bencana, segeralah mengungsi ketempat aman,” kata Suhatri Bur saat ditemui awak media di ruang kerjanya.

Bupati juga mengatakan, bahwa Padang Pariaman merupakan wilayah yang rawan bencana, termasuk bencana banjir dan longsor. Untuk itu, diminta kepada warga untuk selalu memantau kondisi cuaca.

“Karena akhir-akhir ini keadaan cuaca sangat tidak menentu, yang terpenting tingkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadinya banjir dan longsor di sekitar daerah tempat tinggal kita,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya dalam laporannya mengatakan terdapat sembilan titik lokasi bencana banjir dan longsor  yang mengakibatkan beberapa ruas jalan tidak bisa dikendarai roda 4.

Adapun Nagari yang terdampak yaitu di Nagari Kampuang Tanjuang Koto Mambang Sungai Durian Kecamatan Patamuan,  Nagari Kampuang Dama Lareh Nan Panjang Selatan Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Nagari Kepala Hilalang Kecamatan 2×11 Kayu Tanam.

Nagari Anduring Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Nagari Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan, Nagari Padang Kandang Pulau Aia Kecamatan Nan Sabaris, Nagari Manggopoh Palak Gadang Kecamatan Ulakan Tapakih, Nagari Ulakan dan Kampuang Galapuang  Kecamatan Ulakan Tapakih.

Budi Mulya mengatakan, pihaknya telah melakukan asessment dan pendataan ke lokasi kejadian.

“BPBD Padang Pariaman terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani bencana ini,” katanya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh warga yang berdomisili dekat dengan aliran sungai atau warga yang berdomisili dekat dengan tebing agar selalu hati-hati dan terus tingkatkan kewaspadaan guna untuk antisipasi terhadap kemungkinan banjir dan longsor.Pungkasnya.(rd)

BACA JUGA :  Ratusan Warga Baru Pulang Mudik Lebaran di Swab Antigen Satu Positif