by

Danrem 044/Gapo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXV

-Nasional-73 views

NASIONALXPOS.CO.ID, PALEMBANG – Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP SSOs, menghadiri peringatan hari otonomi daerah ke-XXV tahun 2021 secara virtual yang dipimpin langsung Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, di Gedung Auditorium Bina Praja Jalan Kapten F Tandean Kelurahan Sungai Pangeran Kecamatan Ilir Timur I Palembang, Senin (26/4/2021).

Kegiatan yang mengambil tema “Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi Covid-19 tersebut, dihadiri juga oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Wakajati Sumsel, Kabid Hukum Polda Sumsel dan Asisten I Pemprov Sumsel.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI menyampaikan, bahwa Pemerintah Pusat senantiasa menjaga komitmennya dalam mendorong kemajuan otonomi daerah. Salah satu upaya nyata dalam merealisasikannya adalah dengan meningkatkan anggaran pembangunan daerah yang inisiatifnya langsung diambil daerah.

“Diharapkan Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, komitmen Pemerintah Pusat terhadap kemajuan otonomi daerah ditunjukkan dengan berbagai macam keputusan dan kebijakan yang ditetapkannya dari masa ke masa.

“Pergantian masa pemerintahan dalam setiap periode pun tidak mempengaruhi komitmen tersebut, justru melengkapinya agar menjadi lebih baik, mengingat otonomi daerah bersifat dinamis yang dapat berubah menyesuaikan kebutuhan daerah. Namun, otonomi yang diperluas dan lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Drs Tito Karnavian mengatakan, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kepala Daerah diuji kehebatannya dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan merumuskan kebijakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Hal ini penting, karena pandemi memberikan dampak multi dimensi terhadap pembangunan di daerah. Kita melihat momentum peringatan Hari Otda ke-25 ini, adalah challenge bagi semua kepala daerah, ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi Covid, disitulah Kepala Daerah yang hebat,” katanya. (Siti Rohmah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed