by

Danrem 044/Gapo Ikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Musi Tahun 2021

-Nasional, Polri-104 views

NASIONALXPOS.CO.ID, PALEMBANG – Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP SSos, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat Musi tahun 2021, di Ballroom Hotel Arista Lantai 2 Jalan Kapten A Rivai Kelurahan Sungai Pangeran Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, Rabu (28/4/2021).

Dalam Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Musi tahun 2021 tersebut, memaparkan kesiapan Korem 044/Gapo dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1442 H di wilayah Provinsi Sumsel pada masa pandemi Covid-19, yang dipimpin oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri bersama Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Turut hadir dalam kegiatan rakor tersebut, Kabinda Sumsel Brigjen TNI Alamsyah, Wakapolda Brigjen Pol Rudi Setiawan, para PJU Polda Sumsel, Kasiops Kasrem 044/ Gapo Kolonel lnf Ari Sudarsono, Danlanal Palembang yang diwakili oleh Mayor Reza Ali Aksa, Danlanud SMH Palembang yang diwakili oleh Letkol Eko Selamet Widodo, Kakanwil Kameneg Provinsi Sumsel Putloro dan para Kepala dinas Provinsi Sumsel.

Kemudian, dihadiri Maneger PT Pertamina MOR II/Palembang Sadli AP, Kepala PT AK Jasaraharja Sumsel, Maneger PT PLN WS2JB Palembang Yogi Aluyo, Direktur PT Angkasapura Palembang Adi Candra, Direktur PT Waskita Sriwjaya TOL Sabdu HM, Ketua MUI Sumsel Aflatun Muhtar, Kabag SDM PT PLN UP III Palembang Frans Handoko, Kabag PT Pertamina Palembang Ronal Manurung dan Waasops Kasdam II/Swj Letkol Inf M A’an Setiawan.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri dalam sambutannya menyampaikan, Rakor Lintas Sektor tahun 2021 ini, bertujuan untuk meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H.

“Dimana, tugas Polda Sumsel beserta jajaran, yang didukung instansi terkait dan mitra Kamtibmas, dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi ‘Ketupat Musi- 2021’, yang akan dilaksanakan selama 37 hari,” terang Kapolda.

Lebih lanjut kapolda mengatakan, Dalam Rakor ini membahas tentang kegiatan Operasi Ketupat dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam pelarangan mudik guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Namun Operasi Ketupat tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena terjadinya pada saat pandemi Corona (Covid-19), sehingga telah ditetapkan kebijakan oleh pemerintah untuk masyarakat dilarang mudik,” tegas Kapolda.

Sementara itu, Danrem 044/Gapo pada paparannya, menyampaikan, bahwa kesiapan Korem 044/Gapo dalam rangka mendukung Operasi Ketupat Musi 2021 pada masa pandemi mungkin sudah banyak kita lihat bersama. Tsunami Covid-19 di Negara India yang mengindikasikan bahwa Covid-19 dan varian barunya menjadi ancaman atas keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Penerapan PPKM Skala Mikro di Indonesia sudah mencakup 25 Provinsi, dimana pelaksanaannya efektif menekan laju penyebaran Covid-19 apabila dilaksanakan secara optimal,” jelas Danrem.

“Pengalaman dari kasus meningkatnya Covid-19, selalu terjadi pada hari-hari libur, sehingga perlu antisipasi agar tidak terjadinya pengulangan kenaikan kasus yang sama,” kata Danrem. (Siti Rohmah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed