Scroll Untuk Baca Berita
Nasional

Diikuti 2.717 Peserta, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ke XVIII 2023 Dibuka!

1517
×

Diikuti 2.717 Peserta, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ke XVIII 2023 Dibuka!

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, KALSEL —Rektor Universitas Udayana Prof. Ngakan Putu Gede Suardana selaku Ketua BAPOMI Bali sekaligus sebagai Ketua Umum Forpimawa Nasional menghadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Ke XVIII 2023, di Komplek Perkantoran, Gubernur Kalimantan Selatan, Banjarbaru. Rabu, (15/11/2023).

Pembukaan ajang olahraga terbesar antar mahasiswa se-Indonesia ini dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bersama Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang ditandai dengan tembakan busur anak panah dan dimeriahkan dengan kembang api.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Sementara, Rektor Universitas Lambung Mangkurat Ahmad Alim Bachri dalam laporannya menyampaikan, kegiatan POMNAS ini dilaksanakan mulai tanggal 15 s/d 22 November 2023, dengan jumlah keseluruhan atlit yang ikut meramaikan sebanyak 2.717 atlit dari 34 Provinsi dari seluruh Indonesia. Untuk manager, pelatih dan official sebanyak 1.179. Jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam POMNAS tahun ini sebanyak 16 cabor. Merupakan kehormatan yang luar biasa bagi Kalimantan Selatan, khususnya bagi Universitas Lambung Mangkurat yang dipercaya untuk melaksanakan kegiatan berskala nasional yang diharapkan acara ini dapat  berjalan lancar dan sukses.

BACA JUGA :  Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Lokasi TMMD ke-115

Di tempat yang sama, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor merasa bangga dipercaya sebagai tuan rumah POMNAS Ke VIII. Sebuah kebanggaan yang luar biasa Kalimantan Selatan diberi kesempatan menjadi penyelenggara POMNAS antar mahasiswa ini. Dia berharap seluruh kontingen merasa nyaman dan betah berada di Kalimantan Selatan.

“Kami berusaha sebaik mungkin memberikan pelayanan yang terbaik. Apalagi ke depan, Kalimantan Selatan merupakan gerbang ibu kota negara,” ucapnya.

Senada dengan Sahbirin Noor, Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo menyampaikan apresiasi atas terselenggarannya POMNAS XVIII di Kalimantan Selatan.

“Semua ini berkat dukungan penuh Gubernur Kalimantan Selatan dan seluruh masyarakat, termasuk Rektor Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan yang telah bekerja keras sehingga terselengarannya event mahasiswa tanah air ini,” ucapnya.

Dengan adanya tambahan dua cabor yakni gulat dan pencak silat, telah turut serta melakukan pembinaan olahraga dan menyebar luaskan potensi para mahasiswa. Menurutnya, atlet mahasiswa juga turut membantu dan memiliki peran penting dalam menjalankan program pemerintah melalui Desain Besar Olahraga Nasional. Program pembinaan ini memiliki jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, dimana atlet mahasiswa juga terlibat di dalamnya. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6108-Pembukaan-Pekan-Olahraga-Mahasiswa-Nasional-POMNAS-Ke-XVIII-2023-Diikuti-2-717.html