by

Hari Jadi Blora, Laku Topo Bisu, Iringi Kirab Pusaka Kyai Bisma

-Daerah-192 views

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271, Pemkab Blora laksanakan kirab pusaka Kyai Bisma, tepat dini hari dengan khidmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kirab pusaka berlangsung dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora dan kembali ke Pendopo Rumah Dinas Bupati. Setelah menempuh perjalanan keliling kota dengan tidak bersuara ‘ Laku Topo Bisu’ , Rabu (2/12/2020) dini hari.

Tepat pukul 00.00 WIB, tradisi yang digelar setiap menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, dihibur oleh sekelompok seniman cokekan ‘Among Raos’ dengan iringan gamelan jawa.

Ketika waktu sudah menunjukkan yang sudah ditentukan (dini hari), prosesi ritual dilaksanakan dengan diiringi lantunan tembang Jawa.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan keris pusaka Kyai Bisma oleh Bupati Djoko Nugroho kepada Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, MSi selaku yang membawa pusaka.

Sebelum berangkat kirab pusaka, disampaikan doa terlebih dahulu oleh petugas dengan memohon kepada Tuhan agar dalam perjalanan selamat dan masyarakat Kabupaten Blora semuanya diberikan kesehatan.

Selanjutnya Bupati Blora Djoko Nugroho mengikuti acara dari awal hingga akhir dengan penuh khidmad.

“Sejarahnya, intisari dari pelaksanan Hari Jadi Kabupaten Blora ada dua, yaitu ziarah ke makam-makam Bupati kita terdahulu dan kirab pusaka,” kata Bupati Blora dalam sambutan setelah mengikuti kirab pusaka.
(Hans)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed