Nasional

Kapolres Minahasa, Ketut Suryana Maknai Perayaan Hari Umanis Galungan

1658
×

Kapolres Minahasa, Ketut Suryana Maknai Perayaan Hari Umanis Galungan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, MINAHASA – Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana SIK, SH, MM, bersama Ketua Bhayangkari Cab. Minahasa Ny. Nyoman Ketut Suryana menjadi tuan rumah perayaan hari Umanis/Manis Galungan atau makan bersama yang bertempat di Rudis Kapolres Minahasa di Sasaran Tondano jalan Manguni pada Kamis (3/8/2023)

Disampaikan Kapolres kepada awak media, bahwa sesuai dengan pemaknaan, hari raya Galungan diperingati sebagai hari yang sakral sekaligus menjadi kemenangan Dharma Kebenaran melawan Adharma Kejahatan bagi umat Hindu.

BACA JUGA :  Pimpin Upacara Bendera, Dandim 0417/Kerinci Ingatkan Siswa SMAN 3 Sungai Penuh Hindari Narkoba

Umanis Galungan Keluarga Besar Polres Minahasa
“Jadi pada intinya perayaan Umanis Galungan hari ini sebagai pemaknaan sifat kekeluargaan didalam keluarga besar Polres Minahasa,” kata Kapolres.

Lanjut Kapolres,
“Umat Hindu telah melaksanakan sembahyang pada kemarin hari tepatnya pada hari Rabu (3/8) sampai malam di Pura Danu Mandara Tondano, Minahasa kemudian dilanjutkan pada hari ini melaksanakan Natab Sesayut,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan, Anggota Rindam II/Swj Ikuti Penyuluhan Binrohis Bintalidjuang

Kapolres Suryana berharap, untuk umat Hindu yang berada di Kabupaten Minahasa terlebih khusus yang berada wilayah hukum Polres Minahasa untuk tetap saling menjaga kekompakan.

“Tetap jaga kekompakan, tetap menjalankan darma kebenaran sesuai dengan ajaran dan selalu mengabdi dengan baik dimanapun ditugaskan,” jelas Kapolres

Untuk diketahui Pura Danu Mandara Tondano merupakan satu-satunya pura yang berada di Minahasa. Pura tersebut didirikan pertama kali pada tahun 2010 dan diresmikan tahun 2012. Ajaran Hindu yang berada di Minahasa ini dibawa oleh pendirinya yang berasal dari Bali.

BACA JUGA :  Babinsa Hadiri Musyawarah Bersama Penetapan Data Berbasis SDGs

Hadir dalam undangan Umanis Galungan Kapolres Minahasa yakni, Waka Polres Minahasa Kompol Yindar Sapangallo S.Sos, Wakil ketua Bhayangkari Cab. Minahasa Ny. Irene Yondar Sapangallo, para PJU Polres Minahasa, para Kapolsek Jajaran, para Perwira Staf, para Personil Polres Minahasa dan Bhayangkari Polres Minahasa serta Insan Pers se-Minahasa.

(Jefry Kandouw)