Scroll Untuk Baca Berita
DaerahInternasionalNasional

Mahasiswa NTT Dukung KTT ASEAN ke 42 Tahun 2023 di Labuan Bajo

2035
×

Mahasiswa NTT Dukung KTT ASEAN ke 42 Tahun 2023 di Labuan Bajo

Sebarkan artikel ini
Yaman Niron Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana serta Ryan Kurniadi Fakultas Sains dan Teknik Mahasiswa Universitas Nusa Cendana. Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, JAKARTA
Elemen Mahasiswa Nusa Tenggara Tenggara Timur (NTT) mendeklarasikan komitmen untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, NTT, tanggal 9 s/d 11 Mei 2023.

Menurut mereka, bahwa masyarakat Labuan Bajo meyakini kegiatan internasional seperti KTT ASEAN secara tidak langsung dapat menghidupkan potensi pariwisata yang menjadi tulang punggung perekonomian dalam beberapa tahun terakhir.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Ryan Kurniadi, Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknik Universitas Cendana Kupang, yang sekaligus ketua Himpunan Mahasiswa Islam [HMI] Komisariat KIPMA UNDANA mengatakan, perhelatan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, memberi peluang masuknya investasi di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.

“Kami sangat berharap dengan masuknya investasi khususnya di Provinsi NTT dapat membuka peluang pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat NTT yang saat ini belum mendapatkan perhatian yang maksimal,” kata Ryan melalui keterangannya, Selasa (10/5/2023).

Perhelatan KTT ASEAN tahun 2023 di Labuan Bajo, kata dia, menunjukkan peran strategis Indonesia di kancah internasional.

“KTT ASEAN 2023 ini, sebagai upaya mempercepat transformasi ekonomi digital yang inklusif dan partisipatif kiranya perlu juga menjadi pengarusutamaan dalam bahasan KTT ASEAN mendatang guna mengurangi kesenjangan digital. Disamping mendorong pembangunan infrastruktur hijau, mempercepat implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs), meningkatkan ketahanan energi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sehingga dapat menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia,” tuturnya.

“Untuk itu, kami mahasiswa NTT mendukung penuh penyelenggaraan KTT ASEAN ke 42 di Labuan Bajo, yang akan membawa dampak positif bagi Indonesia, khususnya masyarakat NTT,” pungkasnya.

KTT ASEAN 2023 Dongkrak Pariwisata

Dukungan senada juga disampaikan Syawaludin Muslimin, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cendana Kupang.

Disampaikan Syawaludin, perhelatan KTT ASEAN ke 42 di Labuan Bajo, merupakan bentuk penghargaan kepada bangsa Indonesia, khususnya masyarakat NTT.

“Pemilihan NTT sebagai tuan rumah penyelenggaraan event berskala internasional merupakan bentuk perhatian seluruh rakyat Indonesia untuk memperkenalkan pariwisata di NTT di mata dunia. Kami tentunya sebagai mahasiswa NTT menginginkan agar event berskala internasional ini memberikan peluang investasi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat NTT,” harapnya.

“Kami mahasiswa NTT mendukung penuh pelaksanaan KTT ASEAN ke 42 tahun 2023 di Labuan Bajo, NTT. Kami berharap pelaksanaan KTT ASEAN ke 42 ini berlangsung sukses, aman dan membawa dampak positif bagi Indonesia, khususnya masyarakat NTT,” pungkasnya. (red/uchan)

BACA JUGA :  Sail Tidore 2022, Lanud Sri Manado Jadi Pangkalan Aju Skuadron Udara 21