oleh

Wawako Buka Kegiatan Latihan Dasar CPNSD Golongan III

NASIONALXPOS.CO.ID, LUBUKLINGGAU – Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar didampingi Asisten lll Bidang Administrasi Umum Setda Kota Lubuklinggau, H Tamri dan Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, Yulita Anggraini membuka pelatihan dasar (Latsar) CPNS Golongan lll Angkatan lX, X, XI, dan Xll Pemkot Lubuklinggau Tahun 2021 di aula UPT. Diklat BKPSDM Kota Lubuklinggau, Senin (10/03/2021).

Dalam arahannya Wawako menyampaikan bahwa Latsar CPNS ini adalah sebuah proses yang wajib diikuti oleh setiap CPNS sebagai salah satu persyaratan untuk bisa diangkat menjadi PNS. Selain masalah kedisiplinan sambung Wawako, peserta juga harus memahami, mau belajar, mendisiplinkan diri serta menghormati dan mematuhi peraturan yang ada.

“Latsar ini merupakan bentuk implementasi dari nilai dasar yang harus terpola serta dibiasakan (habituasi) terhadap perilaku kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dikatakan pula, disiplin dan patuh peraturan adalah sikap-sikap yang harus ditanamkan dan ditumbuhkan didalam diri setiap PNS karena seorang PNS harus bisa menjadikan dirinya sebagai contoh dan panutan bagi masyarakat.

Untuk itu, dirinya mengajak para peserta agar selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri jangan merasa berpuas diri dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Teruslah menimba ilmu dan pengetahuan untuk mendukung kemampuan masing-masing dalam melaksanakan tugas diinstansi masing-masing.

Wawako juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Empat Lawang dan KPU Provinsi Bengkulu atas kepercayaan dan kerjasama yang telah diberikan dan mudah-mudahan kerjasama ini tetap terjalin dengan baik.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau Yulita Anggraini dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan Latsar CPNS Golongan lll angkatan lX, X, XI, dan Xll Pemkot Lubuklinggau Tahun 2021 adalah UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan LAN Nomor : 01 Tahun 2021 tentang Latsar CPNS, Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/104/2020 tentang Penetapan Infeksi COVID-19 sebagai Penyakit yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya serta Surat Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN No 6733/D.3/PDP.07 tentang Penyelenggaraan Pelatihan.

Sedangkan tujuannya adalah membentuk PNS profesional yang dibentuk oleh sikap dan perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta menguasai kompetensi teknis bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Peserta terdiri dari empat angkatan dengan 159 orang, masing-masing kelas atau angkatan berjumlah 40 orang. Rinciannya 89 orang peserta dari Kabupaten Empat Lawang, 6 peserta dari KPU Provinsi Bengkulu, 64 peserta berasal dari Kota Lubuklinggau dengan waktu pelaksanaan dari 1 Maret sampai 6 Mei 2021.

Acara pembukaan dihadiri Kepala BKSDM Kabupaten Empat Lawang, Soleha Apriani, SE.MM dan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu, Kemas Muhammad Ajir,S.STP.

 

ALFIRMANSYAH RN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed