by

Aksi Babinsa Koramil 03 Cabang Bungin di Saat Banjir Rob Kampung Muara Jaya

-Nasional-138 views

NASIONALXPOS.CO.ID, BEKASI – Babinsa Koramil 03/Cabang bungin Serda, Dedi Firmansyah turun ke lokasi untuk memantau banjir rob tepatnya di Kampung Muara Jaya Rt 001/01 Desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong, jumat (15/1/2021).

“Saya ke lokasi setelah mendapat kabar dari masyarakat yang menyebutkan bahwa di
kampung muara jaya terendam banjir,” kata Babinsa.

Dia mengungkapkan, banjir yang terjadi di wilayah binaannya itu diakibatkan oleh luapan
Luapan pasang air laut (Rob) di

Ketinggian air yang masuk ke pemukiman penduduk (nelayan) 10-40 cm, hal ini sering terjadi dan merupakan hal biasa bagi warga sekitar.

Babinsa Menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati, dalam menghadapi banjir Rob yang sedang melanda wilayah pesisir, khususnya yang berada di wilayah yang terdampak Banjir Rob, dan apa bila memang membahayakan masyarakat agar memberikan laporan kepada RT, RW atau Babinsa Desa Pantai Mekar untuk mengungsi dan mencari tempat yang lebih aman.
Kondisi saat ini di lokasi air laut sudah mulai perlahan menyurut.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian ini dan agar menjauhi lokasi banjir. “Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada, apabila curah hujan semakin tinggi,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Danramil Kapten Czi Sunu Wardoyo, meminta Babinsanya untuk tetap memantau kejadian tersebut dan membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir.

Danramil mengatakan, tiga hari terakhir memang curah hujan yang datang di kampung muara jaya dirasakan cukup tinggi.

“Hujannya sangat lebat dan sampai pada beberapa hari tanpa jeda. Hal itu tentu dapat berpotensi terjadi banjir,” kata Danramil

Namun, dirinya bersyukur sampai hari ini wilayah yang paling rentan dengan banjir masih terbilang aman.

“Yang kita khawatirkan rumah penduduk yang berdekatan dengan tepinlaut dan sungai karena meluapnya air Laut maka daya tampung akan melebihi kapasitas,” ujarnya.

Terlebih wilayah ini permukaannya cenderung cekung, seperti daerah kampung muara jaya dan sekitarnya.

“Maka dari itu, saya mengimbau ke masyarakat agar selalu waspada bilamana hujan deras masih terjadi beberapa hari ke depan,” pesan Danramil.

(Red).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed