DaerahNasionalPemerintahan

Angkat Konsep Perjuangan, Bupati Tabanan Pakai Atribut Pejuang Kemerdekaan di HUT RI ke 78

791
×

Angkat Konsep Perjuangan, Bupati Tabanan Pakai Atribut Pejuang Kemerdekaan di HUT RI ke 78

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, TABANAN —Momen Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Kabupaten Tabanan tahun ini terbilang unik dan menarik. Mengangkat konsep perjuangan, para peserta mengenakan pakaian dan atribut para pahlawan pejuang kemerdekaan. Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kesempatan tersebut mengenakan pakaian proklamator kemerdekaan RI sekaligus Presiden Indonesia yang pertama Ir. Soekarno didampingi ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, Wakil Bupati Tabanan mengenakan pakaian Wakil Presiden Indonesia pertama Mohammad Hatta. Jumat, (18/8/2023).

Iringan peserta upacara dari jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan yang dipimpin langsung oleh Bupati Tabanan mengendarai Mobil Chevrolet Tahun 1958 mobil istri Proklamator RI Ibu Fatmawati. Para peserta berkonvoi dari kantor Bupati Tabanan menuju lapangan Debes, Tabanan tempat dilangsungkannya upacara peringatan detik-detik proklamasi mengendarai Jeep Willys. Meskipun ditengah guyuran hujan deras, peserta tetap bersemangat mengikuti konvoi dan upacara.

Advertisement

Bupati Sanjaya dalam kesempatan tersebut mengatakan, momen peringatan HUT kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan mengusung tema yang berbeda, di tahun lalu mengangkat tema Bhinneka Tunggal Ika dan tahun ini mengangkat spirit tema perjuangan. Hal ini merupakan bentuk kreativitas dan inovasi serta sebagai salah satu upaya bagi seluruh peserta upacara maupun masyarakat Tabanan yang menyaksikan, bahwa perjuangan para pahlawan belumlah usai.

BACA JUGA :  Kapolres Klungkung Apresiasi Kinerja Semua Personel Polres Klungkung

Menurut Sanjaya, perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan sangatlah berat, namun perjuangan generasi penerus bangsa yang bertugas mempertahankan dan mengisi kemerdekaan tidak kalah berat.

“Dalam mengisi momen yang sangat bersejarah ini, saya mengajak seluruh jajaran agar selalu menghormati jasa para pahlawan kita. Kami berpakaian dan mengenakan atribut para pahlawan pejuang kemerdekaan merupakan salah satu bentuk penghormatan sekaligus sebagai motivasi agar apa yang telah para pahlawan kita lakukan bisa menjadi acuan bagi kita untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun Kabupaten Tabanan menjadi terus lebih baik lagi ke depannya. Dan saya berpesan jangan sekali-sekali melupakan jasa para pahlawan kita,” ungkapnya.

Sanjaya juga menyampaikan apresiasi terhadap semangat para peserta dalam mengikuti jalannya upacara di tengah guyuran hujan, serta semangat dalam mengisi momen peringatan HUT RI selama sebulan ini dengan berbagai lomba menarik.

BACA JUGA :  Personil Polsek Carenang Bersama Muspika Melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke 78 di Lapangan Kecamatan Carenang

“Saya mengapresiasi berbagai lomba maupun kegiatan yang telah dilakukan para OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, terlebih semangat mengikuti upacara di tengah guyuran hujan. Ini belum seberapa, dulu pejuang kita diguyur peluru dan mereka masih tetap semangat. Semoga semangat ini akan terus terbawa meskipun peringatan 17 Agustus telah lewat. Jadikan semangat ini sebagai motivasi dalam bekerja, bangun kerjasama yang baik dan ciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman, terlebih kita mendapat tugas melayani masyarakat,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Rai Wahyuni Sanjaya. Sebagai pendamping Bupati dalam menjalankan tugas sehari-hari serta sebagai ibu yang bertugas mendampingi masyarakat dalam kegiatan PKK, pihaknya merasa tersentuh dengan semangat para pahlawan pejuang kemerdekaan. Momen peringatan ini menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui seluruh kegiatan PKK yang dilakukan di desa-desa di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tabanan.

“Mendampingi suami sekaligus mendampingi masyarakat dalam kegiatan PKK merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Dibutuhkan kesabaran serta semangat yang tinggi, melalui momen yang sangat baik ini, saya himbau kepada seluruh ibu-ibu apapun profesi kalian, ayo tetap semangat mendampingi para suami sebagai ibu rumah tangga yang baik dan mari kita ikut berkontribusi menyumbangkan ide maupun tindakan untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun Kabupaten Tabanan menjadi lebih baik lagi,” paparnya.

Terkait pakaian dan atribut yang dikenakan saat mengikuti Upacara, Rai Wahyuni juga sangat antusias, karena ini, kali pertama dirinya mendapat kesempatan mengenakan pakaian tokoh pejuang.

”ini sangat menarik, karena kali pertama saya mengenakan pakaian seperti ini. Momen hari kemerdekaan benar-benar terasa, dan saya mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang juga sangat antusias,” imbuhnya.

Upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke 78 di Kabupaten Tabanan melibatkan ribuan peserta yang berasal dari ASN, TNI, Polri serta para siswa di Kabupaten Tabanan. Pada kesempatan itu juga diserahkan remisi kepada dua orang warga binaan. Setelah mengikuti upacara di lapangan Debes, rombongan Bupati Tabanan bersama jajaran Forkopimda dan pipinan OPD melanjutkan konvoi menuju taman Bung Karno Tabanan. (Amir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *