Daerah

Bupati Tabanan Tutup 1st Bupati Cup Tabanan Koi Show 2023

767
×

Bupati Tabanan Tutup 1st Bupati Cup Tabanan Koi Show 2023

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, TABANAN —Untuk membangun Kabupaten Tabanan bukan hanya oleh pemerintah saja, akan tetapi harus dari semua lini masyarakat. Hal tersebut kerap kali disebutkan oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya dalam setiap kesempatan bertatap muka dengan masyarakat. Seperti pada hari Minggu  (8/10/2023) pagi, di gedung kesenian I Ketut Maria Tabanan, saat memberikan dukungan dan mengapresiasi terhadap pembangunan yang dilakukan oleh salah satu komunitas di Tabanan, di acara bertema “1st Bupati CUP Tabanan Koi Show 2023”, dan hal ini menjadi rangkaian liga Koi Indonesia, oleh Tabanan Koi Club Bali.

Kontribusi pemerintah dalam mendukung upaya pembangunan melalui komunitas ini, sudah terhitung sering dilakukan. Eksistensi komunitas koi di Tabanan, menandakan minat, hobi dan kegemaran masyarakat Tabanan yang beragam. Kompetisi yang memperebutkan Bupati Cup perdana ini juga dihadiri oleh Sekda Tabanan, Kapolsek Tabanan, Perwakilan dari Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Ketua Umum Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI), Sekjen APKI, Ketua Badan Penyelenggara Liga Koi Indonesia, Asisten II Setda Tabanan, Para kepala OPD di lingkungan Pemkab, Para Kepala Bagian di lingkungan Setda, Camat Tabanan dan diikuti oleh Para peserta kompetisi Bupati Cup Koi Show 2023.

Advertisement

Tentunya, kompetisi yang menarik minat dan bakat para pecinta Koi di seluruh Indonesia ini mendapat sambutan baik, dari Bupati Tabanan. Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada para panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan lomba, sehingga memberikan dampak luar biasa bagi daerah, baik dari sisi ekonomi, sosial maupun dari sisi promosi daerah, khususnya Kabupaten Tabanan.

“Dari sisi ekonomi, event ini secara nyata, mampu menghidupkan UMKM dan pelaku bisnis lainnya. Dari sisi sosial, event ini secara nyata memberikan hiburan dan edukasi terkait keberadaan ikan koi. Dan dari sisi promosi daerah, event ini juga memberikan dampak luar biasa terkait dengan keberadaan potensi yang ada di kabupaten Tabanan,” Sanjaya menjelaskan dalam sambutannya.

1st Bupati Cup Tabanan Koi Show 2023 dalam rangkaian liga Koi Indonesia.
Foto: Ist

Berbicara tentang ikan koi, Sanjaya menerangkan bahwa,

“Perlombaan tidaklah sebagai wujud hobi semata, tetapi juga menyangkut gengsi dan nilai ekonomi yang tidak kecil. Untuk itu, pihaknya sangat berharap kepada pecinta koi, khususnya yang berada di Kabupaten Tabanan, dapat melihat sisi ini lebih jauh, sehingga nantinya Kabupaten Tabanan dapat tumbuh menjadi salah satu sentra pengembangan ikan koi. Sebagaimana yang dilakukan juga oleh Komunitas Ikan Koi Bali atau yang lebih dikenal dengan sebutan Be/ikan Gembrong,” terang Sanjaya.

Adapun jenis ikan yang ikut dilombakan yakni; jenis Gosanke (Kohaku, Taisho Sanshoku, Showa Sanshoku), Melati (Shiro Utsuri, Koromo, Goshiki, Kin Ginrin A, Kujaku, Ochiba), Anggrek (Tancho, Kawarimoyo, Doitsu, Kin Ginrin B, Hikari, Moyomono), Cempaka (Asagi, Shusui, Beko, Hiki Utsurimono, Hikari Utsuri) dan Kamboja (Kawari Mujimono, Kin Ginrin C, Hikari Mujimono). Total jumlah peserta yakni 232 Peserta/owner, dengan total handler 94, dengan total jumlah peserta dari 79 Kota di seluruh Indonesia (Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa timur, Kalimantan, Bali dan Lombok) dan total ikan sebanyak 787 ekor.

Sementara ketua APKI menyampaikan bahwa,

“Ucapan terima kasih kami kepada Bapak Bupati sudah mensupport acara ini dengan sangat mewah dan megah, sebuah apresiasi dari kami selaku pengurus pusat, Tabanan ini club terbaru, tapi sudah berani mengadakan show semewah ini. Ikan-ikan yang hadir di show ini, sangat istimewa dan terbaik selama ada di Bali. Kami sangat bangga, sudah berani mengambil dan melaksanakan dengan baik, sangat mengangkat dunia koi yang ada di Bali,” ujar Ketua APKI Santoso dalam sambutannya, sembari pihaknya juga berharap agar mendapat dukungan kembali dari Bupati Tabanan dalam perlombaan Bupati Cup yang ke 2, sehingga komunitas di Tabanan bisa lebih bergema lagi. (Amir)

BACA JUGA :  Angkat Konsep Perjuangan, Bupati Tabanan Pakai Atribut Pejuang Kemerdekaan di HUT RI ke 78

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *