Daerah

Atusias warga Jambe Ikuti Seminar UMKM

296
×

Atusias warga Jambe Ikuti Seminar UMKM

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, KABUPATEN TANGERANG – Warga desa mekarsari kecamatan jambe kabupaten tangerang sangat antusias mendatangi seminar umkm dengan tema ‘strategi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat’ di aula desa mekarsari kecamatan jambe kabupaten tangerang pada hari rabu, (23/07/2023).

Acara seminar kali ini dilaksanakan oleh sektor ekonomi K3 kelompok 13 UNIS kota tangerang yang dihadiri oleh bapak Maftuh Hasan selaku sekretaris kecamatan, bapak Sultan Syamsudin selaku sekretaris desa mekarsari dan bapak Khotibyani, S.IP. selaku wakil ketua BPC Himpunan pengusaha muda indonesia (HIPMI) kabupaten tangerang sebagai pemateri di seminar tersebut.

Dede Faisal A, selaku koordinator dari sektor ekonomi K3 UNIS kota tangerang menyebut bahwa dengan adanya kegiatan seminar ini diharap dapat menumbuhkan motivasi, pengembangan minat dan bakat para pelaku UMKM yang ada didesa mekarsari kecamatan jambe kabupaten tangerang.

“Semoga dari kegiatan seminar kali ini para masyarakat dapat termotivasi khususnya dalam berwirausaha serta meningkatkan pemahaman terkait umkm mengenai packaging, pemasaran produk di e-commerce dan juga perizinan suatu usaha agar lebih meningkatkan daya saing usahanya, “Ujarnya Dede

Pada dasarnya, didesa mekarsari tersebut ada beberapa pelaku usaha umkm dalam bentuk baik makanan ataupun kerajinan. seperti usaha kripik, cake, brownies, makanan kering dan lain-lainnya yang menjadi suatu pendapatan tersendiri dalam usahanya. hanya saja lagi-lagi yang menjadi kendala ialah terkait pemasaran, terlebih di era digitalisasi ini para pelaku umkm harus lebih peka terhadap kondisi tersebut.

BACA JUGA :  Kapolres Badung Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung VIII Tahun 2022

Friski selaku ketua kelompok 13 kuliah kerja kemasyarakatan UNIS tangerang mengatakan seminar ini sangat atraktif dilakukan, tak lain ialah pemenuhan untuk masyarakat yang ingin berwirausaha khususnya umkm ataupun kerajinan lainnya dari materi-materi yang telah diberikan.

“Harapannya setelah kegiatan seminar dan sosialisasi umkm selesai, para pelaku usaha tersebut diharapkan dapat menerapkan dari hasil seminar ini secara langsung untuk meningkatkan daya saing dan daya jual usahanya. terlebih saat ini kita memasuki era digitalisasi maka harus lebih inovatif lagi khususnya dalam pemasaran produk, “ujarnya.

UMKM dipedesaan juga merupakan suatu peluang yang sangat menjanjikan serta mempunyai berbagai manfaat, terutama untuk perekonomian nasional. beberapa di antaranya dapat menyumbang nilai PDB (Produk Domestik Bruto), bahkan di Indonesia, umkm desa merupakan salah satu penyumbang terbesarnya.

BACA JUGA :  Dandim 0510/Trs Wujudkan Impian Ibu Heni Lansia Untuk Rehab Rumah dan Memiliki UMKM

Berwirausaha di desa juga bisa menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah. maka dari itu semoga dengan adanya umkm ini dapat menjadi sebuah solusi untuk perekenomian khususnya dalam mensejahterakan masyarakat.
(AciL)