TNI & Polri

Brigjen TNI Wakhyono, Resmi Tutup Kegiatan Serbuan Tritorial Wilayah Korem 131/Stg

532
×

Brigjen TNI Wakhyono, Resmi Tutup Kegiatan Serbuan Tritorial Wilayah Korem 131/Stg

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO – Kegiatan serbuan teritorial yang selama ini berjalan di Lapangan Postulat Desa Pineleng Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa, secara resmi ditutup oleh Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos., M.I.P. selaku Inspektur upacara dan Komandan upacara Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, pada upacara Penutupan Serbuan Teritorial TNI Tahun 2023 di Wilayah Korem 131/Santiago, yang mengusung tema,

“Dengan Semangat Serbuan Teritorial TNI, Kita Tingkatkan Kegiatan Binter TNI Secara Masif Guna Mengatasi Kesulitan Rakyat di Wilayah Korem 131/Santiago”, Kamis (22/6/2023).

Asisten Teritorial Panglima TNI Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dalam sambutan yang dibacakan Danrem 131/Santiago menyampaikan,

“terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan serbuan teritorial wilayah Korem 131/Santiago yang telah berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Semoga dengan tekad dan itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan, hasilnya dapat memberi manfaat.

BACA JUGA :  Kapolres Klungkung Pimpin Pengamanan Sholat Idul Adha

Sehingga dapat menunjang kebutuhan masyarakat, sekaligus meningkatkan roda perekonomian masyarakat desa dan mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas serta meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju,” kata Aster Panglima TNI.

Dikatakannya, selaras dengan tema serbuan teritorial kegiatan ini merupakan wujud dharma bakti TNI dalam membantu pemerintah daerah untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Korem 131/Santiago.

Selanjutnya Aster juga berpesan agar kita senantiasa memelihara semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong serta kepercayaan diri dalam kehidupan keseharian kita.

“Saya minta agar fasilitas dan sarana prasarana yang telah dibangun ini senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, dijelaskan Danrem, pembinaan teritorial (Binter) termasuk salah satu dari tiga fungsi utama TNI Angkatan Darat yang tercantum di dalam naskah Doktrin Kartika Eka Paksi disamping fungsi pertempuran dan pembinaan postur. Sehingga setiap satuan jajaran TNI Angkatan Darat dalam situasi dan kondisi apapun harus melaksanakan Binter guna mendukung tugas pokok, yang menitik beratkan kepada penguatan sendi sendi pertahanan teritorial berdasarkan sistem pertahanan rakyat semesta.

BACA JUGA :  Polda Sulut Gelar Rakor Penanganan TPPO Bersama Instansi Terkait

“Teritorial itu salah satu fungsi utama TNI Angkatan Darat dan kegiatan serbuan teritorial ini dilaksanakan hampir semua Korem laksanakan kegiatan seperti ini,” kata Danrem.

Lebih jauh dikatakan Danrem, dalam pelaksanaan serbuan teritorial TNI melingkupi sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran fisik diantaranya adalah 10 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berada di wilayah Kabupaten Minahasa, yakni 7 unit di wilayah Kodim 1302/Minahasa dan 3 unit di wilayah Kodim 1309/Manado. Serta dua tempat ibadah yakni satu unit Gereja dan satu unit Masjid dan seluruhnya sudah selesai 100%.

Sedangkan untuk sasaran non fisik di titik beratkan pada kegiatan bersama masyarakat sekitar berupa sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan (Stunting), pemutaran film film perjuangan, dan kegiatan bakti sosial berupa pemberian sembako.

BACA JUGA :  Antisipasi Penyebaran PMK Polsek Tabanan Awasi RPH

Ditambahkan Danrem, keberadaan kegiatan serbuan teritorial ini merupakan salah satu momentum yang sangat tepat untuk menjalin silaturahmi.

“Kegiatan Serter ini tujuannya adalah mendekatkan khususnya TNI dan Polri serta masyarakat untuk menguatkan semangat gotong royong,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri, Paban I Renster TNI Kolonel Inf Danny Alkadrie, Asren Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Marthen Venry Rorintulus, Kasiren 131/Santiago Kolonel Inf Teguh Pamungkas, Kasiintel Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Sandy, Kasiter Kasrem 131/Santiago Kolonel Kav Danny Hermawan, Kainfolahtadam XIII/Merdeka Kolonel Inf Imam Priharso, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, Pabandya Anev Progar Ster TNI Letkol Laut Sunarya, para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 1309/Manado serta para tamu undangan.

(Jefry Kandouw)