Scroll Untuk Baca Berita
Daerah

Bupati Bungo Hadiri MTQ Tingkat Kabupaten Bungo ke-51

31
×

Bupati Bungo Hadiri MTQ Tingkat Kabupaten Bungo ke-51

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO – Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten ke 51 resmi di mulai, kegiatan tersebut dihadiri oleh 17 Kecamatan dalam Kabupaten Bungo, yang di buka secara langsung oleh Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E, Jum’at (16/06).

Tampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd.,M.M. Dandim 0416 Bute, Kapolres Bungo atau yang mewakili, anggota DPRD Bungo, Ketua pengadilan agama, ketua Pengadilan Negeri Muara Bungo, Kejaksaan Negeri, Sekda Bungo, Ketua TP PKK Kabupaten Bungo, Ketua GOW, Ketua DWP, staf ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Para Kabag, Para Camat, Datuk Rio, Kepala BPD, ketua pengadilan agama Kabupaten Bungo, Ketua LAM Kabupaten Bungo, Ketua KUA Kecamatan Tanah Tumbuh, serta tokoh masyarakat Kecamatan Tanah Tumbuh.

Diawali dengan laporan dari ketua panitia MTQ ke-51 tingkat Kabupaten tahun 2023 di Kecamatan Tanah Tumbuh.

Daruji melaporkan bahwasanya kegiatan ini bersumber dari dana APBD Kabupaten Bungo tahun 2023 dan dari donatur yang tidak mengikat.

BACA JUGA :  Samsat Keliling, Solusi Permudah Bagi Masyarakat Pedesaan untuk Bayar Pajak Kendaraan

Ia menyebutkan, bahwa MTQ Ke -51 tahun 2023 tingkat Kabupaten Di Kecamatan Tanah Tumbuh tidak jauh berbeda dengan MTQ tingkat Kabupaten sebelumnya.

Kegiatan ini di laksanakan selama lima hari, dimulai dari tanggal 16 Juni sampai dengan tanggal 20 Juni 2023.

“Dimana MTQ ke-51 tingkat Kabupaten tahun 2023 di Kecamatan Tanah Tumbuh ada 11 cabang yang diikuti oleh semua Kafilah se Kabupaten Bungo, diantaranya :
Cabang tilawah anak-anak :
Lomba cabang tafsir hadits
Lomba khotol Qur’an
Lomba tilawah remaja
Lomba berjanji tilawah
Lomba tilawah Qur’an
Lomba Tahfidz Qur’an
Lomba tafsir bahasa arab dan bahasa Inggris
Lomba fahmil Qur’an
Lomba penyelenggaraan sholat jenazah
Lomba karya tulis ilmiah alquran.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pembentukan dewan hakim dan panitera, dan di serahkan piala bergilir MTQ tingkat Kabupaten dari Juara umum tahun sebelumnya Kecamatan pasar Muara Bungo yang Kepada Bupati Bungo, lalu Bupati Bungo H.Mashuri menyerahkan piala bergilir MTQ tersebut kepada Camat Tanah tumbuh sebagai tuan rumah MTQ ke-51 tingkat Kabupaten tahun 2023, Di Kecamatan Tanah Tumbuh.

BACA JUGA :  Selain Goro Bersama Warga, Kopda Wagiyo Juga Sempatkan Komsos dengan Warga pada Serbuan Teritorial

Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E dalam sambutannya mengucapkan, malam hari ini merupakan suatu kebahagiaan bagi kami, karena pada malam ini dapat berkumpul bersama Qori, dan Qoriah, hafiz, Hafizah terbaik serta kafilah dari seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Bungo.

“Pelaksanaan kegiatan MTQ merupakan agenda rutin yang di laksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring Qori dan Qoriah terbaik. Melalui MTQ ini di harapkan semakin mengunggah kecintaan kita terhadap Al-Qur’an, kita ketahui bahwa tujuan salah satu Allah SWT menurunkan kitab Suci Al-Qur’an adalah untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama, sekaligus petunjuk jalan yang lurus serta menjadi pedoman bagi umat Islam di muka bumi ini,”Ujarnya.

BACA JUGA :  Bupati Bersama Wabup Bungo Hadiri Rapat Paripurna di DPRD Bungo

Melalui kesempatan ini jadikan seluruh umat Islam untuk mencintai Al-Qur’an dengan membaca dan menghidupkan nilai-nilai suci yang terkandung dalam ayat suci Al-Qur’an.

” Saya mengajak kita semua, mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama, diantara sekian banyak koleksi buku bacaan kita yang lainnya,”kata Bupati.

Selain itu juga, pelaksanaan MTQ yang ke-51 ini menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat, dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang di mulai dari pemahaman dalam membaca dan menulis Al-Qur’an secara baik dan benar.

“Untuk mengingati kita bersama bahwa masyarakat Kabupaten Bungo merupakan masyarakat yang memiliki adat dan ada religius, sehingga saya berharap masyarakat tetap memiliki integritas dalam membaca dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam kita suci Al-Qur’an, dengan demikian, akan tercipta suasana yang aman dan damai serta harmonis di tengah-tengah masyarakat, “Tutup Bupati Mashuri. (is)