NasionalTNI & Polri

Dandim 0413/Bangka Beri Materi Wasbang dan Bela Negara ke Mahasiswa Polman Babel

205
×

Dandim 0413/Bangka Beri Materi Wasbang dan Bela Negara ke Mahasiswa Polman Babel

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BABEL – Dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memliki inovasi guna kemajuan negara, Komandan Kodim 0413/Bangka Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias, S.H, M.M memberikan pembekalan materi Pembinaan Karakter Dan Wawasan Kebangsaan ke para Mahasiswa/i Polman Babel.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Polman Babel ini mengembil tema “Membentuk Pola Pikir Soluktif serta Disiplin dalam Pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”, yang diikuti seluruh mahasiswa dan mahasiswi baru Politeknik Manufaktur Bangka Belitung, Senin (31/07/2023).

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Dalam keteranganya, Dandim menjelaskan tentang bela negara yang merupakan sikap dan prilaku warga negara, yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

BACA JUGA :  Silaturahmi Danrem 131/Santiago Bersama Insan Pers

“Dalam Bela Negara terdapat 5 nilai dasar yang terkandung didalamnya, yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan betnegara, meyakini Pancasila sebagai idiologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara,” terangnya.

Dandim juga menyampaikan, bahwa wawasan kebangsaan sangat penting bagi mahasiswa, agar dapat mengerti tentang sejarah, silsilah adat budaya yang ada di negara Indonesia, sehingga kedepannya bisa menjaga dan meneruskan serta memelihara nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah atau perjuangan bangsa Indonesia.

BACA JUGA :  Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0418/Palembang Bersama Komponen Masyarakat Panen Raya Padi

“Melalui pembekalan wawasan kebangsaan ini kita berharap agar mahasiswa merasa memiliki dan terpanggil untuk bela negara, serta terbentuk karakter pribadi dirinya untuk mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkannya,” ujarnya.

Lanjut Dandim, para Mahasiswa diharapkan dapat mencintai tanah air diantaranya mencintai Produk Dalam Negeri Sendiri ( Indonesia) dan Menanamkan Pembangunan kepribadian bagi mahasiswa yang meliputi Iman, Karakter, Prinsip Hidup, Cinta sehingga Para Mahasiswa memiliki rasa bangga menjadi Warga Negara Indonesia dan Masa depan Indonesia ada di tangan Generasi Muda.

BACA JUGA :  Polres Minut Bersama Forkopimda Laksanakan Penanamam 1200 Bibit Pohon

“Apabila pemuda sudah memiliki karakter yang baik maka peran strategis akan didapat sehingga dapat mengatasi ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh negera yang kita cintai dan tidak ada lagi ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh negara yang kita cintai ini,” pungkasnya. (*)