by

Danlantamal VIII Ikuti FGD Pembentukan Koarmada RI

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO– Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Koarmada RI secara virtual di Ruang Serbaguna Markas Komando Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Manado, Senin (15/3/2021).

Kegiatan FGD yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. ini mengangkat topik “Pembentukan Organisasi Koarmada RI berdasarkan Perpres RI Nomor 66 Tahun 2019 dan Pengaruhnya Terhadap Susunan Organisasi di TNI Angkatan Laut”.

Pada sambutan pembukanya, Kasal menyampaikan bahwa dalam hal membangun organisasi TNI AL, tentunya harus dimulai dari perencanaan matang dengan pendekatan force planning yang realistik, berlandaskan pada regulasi yang berlaku, serta mempertimbangkan potensi ancaman dan dinamika lingkungan strategis.

“Dengan demikian, diharapkan akan menghasilkan struktur organisasi TNI AL yang dapat menunjang pelaksanaan tugas-tugas angkatan laut dalam rangka melindungi kedaulatan negara dan mendukung kepentingan nasional,” ujar Kasal.

Selanjutnya Kasal berharap melalui FGD ini akan tercipta ide dan pemikiran cemerlang yang akan menemukan formulasi yang tepat, efektif dan efisien terkait dengan komando dan pengendalian dalam penggelaran operasi tempur laut, serta penegakan hukum dan keamanan di laut.

“Ingatlah bahwa apa yang kita kerjakan bersama saat ini, akan tertoreh dan terukir dalam sejarah yang akan dikenang oleh generasi penerus kita, bahwa Koarmada RI dibentuk oleh generasi muda TNI Angkatan Laut yang visioner guna menjawab tantangan tugas di masa depan,” pesan Kasal mengakhiri sambutannya.

Turut hadir mengikuti FDG di Mako Lantamal VIII Asrena, Asops dan Aspers Danlantamal VIII serta Para Paban dari kewasgiatan Sintel, Spotmar dan Slog Lantamal VIII.  (***/Angky)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed