by

Danrem 044/Gapo Ikuti Upacara Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi

-Daerah-226 views

NASIONALXPOS.CO.ID, PALEMBANG – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP SSos, mengikuti upacara gelar Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2021, di lapangan Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Kelurahan 20 Ilir D3 Kecamatan Ilir Timur I Palembang, Kamis (25/2/2021).

Upacara tersebut, dipimpin langsung Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, dengan mengambil tema “Dengan operasi gaktib dan yustisi TA 2021, polisi militer siap meningkatkan penegakan dan ketaatan hukum dalam mendukung pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19, serta menjaga persatuan, kesatuan Bangsa demi keutuhan NKRI”.

Hadir dalam upacara itu, diantaranya, Kapolda Sumsel, Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj dan para Asisten Kasdam II/Swj serta LO TNI AL dan AU Kodam II/Swj, para Dan/Ka Balakdam II/Swj, Danlanud SMH Palembang, Danlanal Palembang, Kabid Propam Polda Sumsel.

Kemudian, dihadiri juga Kapolretabes Palembang, Dandim 0418/Palembang, Danyon Raider 200/BN, Danyonkav 5/DPC, Danyonzipur 2/SG, Danyonzikon 12/KJ dan Danyonarhanud 12/SBP serta Dankikav 5/GCC, para Dadenpom jajaran Pomdan II/Swj, Kadishub Provinsi Sumsel, Kasat Pol PP Provinsi Smsel, Dansatpom Lanal Palembang dan Dansatpom Lanud SMH Palembang.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam ll/Swj, menyampaikan, operasi gaktib dan yustisi tahun ini mengambil tema “Dengan Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun Anggaran 2021, Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakan dan Ketaatan Hukum Dalam Mendukung Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19, serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI.”

“Tema yang diusung ini sangat relevan dengan upaya kita saat ini dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Kedua program prioritas yang menjadi fokus pemerintah tersebut hanya dapat dicapai melalui partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat untuk disiplin menegakkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lanjutnya, operasi penegakkan ketertiban dan yustisi ini, bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Polisi Militer TNI dan subjek hukum melalui pendekatan persuasif edukatif. Hal ini, dikarenakan esensi dari pelaksanaan operasi adalah untuk memperkuat upaya pencegahan serta penyelesaian pelanggaran hukum bagi Prajurit dan PNS TNI.

“Di tengah pandemi saat ini, partisipasi aktif prajurit dan PNS TNI dalam penegakkan disiplin protokol kesehatan sangat penting. Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan Prajurit dan PNS TNI diharapkan dapat menjadi role model atau teladan bagi masyarakat umum. Dengan demikian, operasi gaktib dan yustisi yang diselenggarakan tahun ini, akan memperkuat kepatuhan dan ketaatan Prajurit dan PNS TNI dalam melaksanakan disiplin protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Pangdam ll/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi mengatakan, kegiatan operasi gaktib dan yustisi yang diselenggarakan tahun ini, akan memperkuat kepatuhan serta ketaatan Prajurit dan PNS TNI dalam melaksanakan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Muara dari operasi gaktib dan yustisi ini, yaitu untuk mendukung program pemerintah dalam pendisliplinan protokol kesehatan Covid-19,” kata Pangdam. (Herry Eddy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed