Scroll Untuk Baca Berita
Nasional

Dihadiri Wapres RI, Yasonna Laoly Serahkan Penghargaan Kepada Pemkab Padang Pariaman Sebagai Kabupaten Peduli HAM

637
×

Dihadiri Wapres RI, Yasonna Laoly Serahkan Penghargaan Kepada Pemkab Padang Pariaman Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, JAKARTA – Kementerian hukum dan ham republik Indonesia memberikan penghargaan kepada pemerintah kabupaten Padang Pariaman sebagai kabupaten peduli hak azazi manusia

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menkumham Yasonna Laoly didampingi oleh Dirjen HAM Kemenkumham Mualimin Abdi kepada Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Hotel Sultan & Residence, Jakarta pada Senin, (12/12/22)

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Diketahui, pada tahun 2022 dari sejumlah 170 kabupaten/kota di Indonesia, Padang Pariaman menjadi salah satu yang berprestasi meraih penghargaan kabupaten peduli HAM. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka peringatan Hari HAM sedunia tahun 2022. Dimana tema peringatan Hari HAM Sedunia Ke-74 Tahun 2022 ini adalah Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk setiap orang menuju Indonesia Maju.

BACA JUGA :  Kapolres Ogan Ilir Terima Penghargaan dari Kementerian LHK

Sebelumnya, acara dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Ma’rif Amin. Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengajak pemerintah daerah untuk mengedepankan pemenuhan HAM dengan melahirkan kebijakan yang adil dan menegakkan nilai-nilai toleransi serta melaksanakan sikap yang berimbang antara HAM, kemanusiaan, dan kebangsaan.

Sementara itu, Menkumham Yasonna Laoly dalam sambutannya menuturkan, penghargaan diberikan kepada Kabupaten/Kota dalam memenuhi hak-hak dasar manusia yang bertujuan untuk memotivasi pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan pemenuhan HAM, terutama di bidang sipil, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

“Yang dimaksud dengan Peduli HAM itu merujuk pada upaya Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pemenuhan, dan meningkatkan hak asasi manusia,” ujar Menkumham.

Dikesempatan yang sama, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengaku bangga atas diraihnya penghargaan tersebut. Katanya, Pemerintah Padang Pariaman terus berupaya agar masyarakatnya terpenuhi haknya dari segi apapun.

“Dengan diraihnya penghargaan ini tentu kami (pemkab Padang Pariaman) kedepannya semakin termotivasi untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar masyarakat memperoleh haknya dengan baik,” ungkapnya yang saat itu turut didampingi oleh Sekda Rudy R.Rilis dan Kabag Hukum Riki Zakaria.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran kementerian Hukum dan HAM republik Indonesia atas diberikannya kepercayaan dan penghargaan kepada pemkab Padang Pariaman sebagai pemerintah kabupaten peduli Hak Azazi Manusia di tahun 2022 ini.Adapun indikator yang menjadi penilaian dalam penghargaan tersebut, kriterianya dibagi menjadi tiga, antara lain Peduli HAM, Cukup Peduli HAM, dan Kurang Peduli HAM. Dan wa hasilnya Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 berhasil meraih kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM.(rd)