by

Dinas PSDA Cilacap Berupaya Atasi Banjir Dengan Lakukan Koordinasi ke BBWS

-Daerah-370 views

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP- Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Cilacap, H. Saeful Hidayat menyampaikan bahwa pihak PSDA sudah melakukan beberapa upaya dan koordinasi dengan pihak BBWS Citandui dan BBWS Serayu Opak terkait bencana banjir di Kabupaten Cilacap. Hal tersebut dikatakanya Jumat, (20/11/2020).

Akibat Cilacap diguyur hujan dengan intesitas tinggi ada beberapa tanggul yang jebol dan mengakibatkan banjir. Salah satunya adalah jebolnya tanggul primer Cihaur BCH 32 di Desa Layansari Kecamatan Gandrungmangu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BBWS Citanduy dan akan dilakukan penanganan darurat dengan mobilisasi alat berat untuk melakukan pemancangan Tural Dolken serta melakukan pengisian tanah untuk mempercepat penanganan bobolan tanggul, ” jelas Saeful.

Tonton juga video: Puluhan Rumah Warga Desa Kalibaru Terendam Banjir

Bahan yang digunakan untuk menangani tanggul yang jebol, digunakan karung kandi, Turap Dolekan dan Bis Beton untuk sifonya.

Lebih lanjut Saeful mengatakan, jebolnya tanggul bukan hanya di Gandrungmangu saja, di wilayah Kecamatan Karangpucung juga ada, yakni tebing sungai Ciraja Ciporos dan akan dilakukan penanganan daruray dengan memasang Bronjong, kata dia.

Untuk yang terjadi di sungai Cimeneng Kamulyan Bantarsari dengan bobolnya tanggul juga akan segera dilakukan penanganan darurat dengan menggunakan alat berat juga, guna memperbaiki tanggul yang jebol.

Saat ditanya masalah banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Kroya, Saeful juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan BBWS Serayu Opak, “saya sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan pihak BBWS Serayu Opak, ” tandas Saeful.

Tonton juga video: Kota Tangerang Dikepung Banjir, Sungai Cisadane Siaga Satu

Diakui Saeful bahwa dari pihak BBWS Serayu Opak akan segera melakukan penanganan banjir, sungai Serayu dan sungai Tipar termasuk dengan anak sungainya.

Dari beberapa pihak yang dihubungi oleh PSDA Cilacap baik BBWS Citanduy maupun BBWS Serayu Opak mengatakan siap dan sesegera mungkin untuk melakukan penanganan darurat, jelas Saeful.

“Kami berharap dari semua pihak yang terkait agar bisa menangani bencana banjir yang ada di Kabupaten Cilacap, saya selaku Kepala Dinas PSDA Cilacap sudah melakukan pengecekan langsung ke lokasi banjir disemua titik, ” pungkas Saeful. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed